ADAKITANEWS, Sidoarjo – Peningkatan jumlah kendaraan pengguna Tol Surabaya – Gempol tercatat cukup pesat. Oleh karenanya, dilaksanakan penambahan lajur Tol Surabaya – Gempol oleh PT Jasa marga cabang Surabaya Gempol, yang kini telah mencapai 50 persen.

Penambahan lajur dilakukan pada kedua sisi bahu jalan Tol. Yang dalam perencanaannya, akan dilakukan mulai Surabaya hingga Gempol Pasuruan.

Jalan Tol Surabaya – Gempol yang awalnya hanya dua lajur, akan dibuat menjadi tiga lajur, serta ada penambahan lebar lajur juga.

Dari tiga lajur tersebut, masing-masing bahu jalan dilakukan pelebaran selebar 3,85 meter. Nantinya, masing-masing jalur akan memiliki lebar 3,6 meter setelah sebelumnya hanya selebar 3,5 meter.

Ditemui Tim Adakitanews.com di lokasi, Konsultan Perencana, Djamal Abubakar menjelaskan, sesuai rencana penambahan ini akan dimulai dari Surabaya hingga menyambung ke Tol Baru Gempol dengan tiga jalur.

Hingga saat ini, kata Djamal, pembangunan tersebut masih baru selesai dari Surabaya hingga Waru saja. Sedangkan untuk Waru hingga Sidoarjo, masih dalam tahap pembangunan.

“Hingga sekarang PT Jasa Marga sudah melakukan penambahan yang dimulai dari Surabaya yang sudah selesai mencapai Tol Waru, sedangkan dari Waru KM 16,875 hingga Sidoarjo KM 23,200 masih dalam pengerjaan,” papar Djamal.

Djamal mengatakan, PT Jasa Marga belum bisa memastikan kapan pengerjaan itu akan rampung hingga ke Gempol Tol Baru.

“Untuk Waru hingga Sidoarjo akan segera rampung. Namun untuk dari Sidoarjo hingga Porong belum tahu dan mungkin tahun depan baru dilakukan yang mulai Sidoarjo hingga Porong. Dari Sidoarjo hingga Porong panjang sekitar 10 kilometer, namun untuk tersambung, itu belum diketahui kapan selesainya,” kata Djamal.

Dikutip dari Jasamarga.com, Tol Surabaya Gempol atau yang disebut Tol Surabaya Porong memiliki panjang 43 kilometer dan beroperasi sejak tahun 1986. Namun setelah terjadi bencana lumpur, jalur Porong – Gempol terpotong sehingga Tol Surabaya Porong menjadi 37 kilometer dan dikelola oleh PT Jasamarga Cabang Surabaya Gempol (sid3)

Keterangan gambar : Pemasangan Girder di Sidoarjo untuk Penambahan lajur Tol Surabaya Gempol.(foto : andri santoso)‎

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/adakitanews20180414_224227-1024x575.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/adakitanews20180414_224227-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,sidoarjo,tol surabaya gempol
ADAKITANEWS, Sidoarjo - Peningkatan jumlah kendaraan pengguna Tol Surabaya - Gempol tercatat cukup pesat. Oleh karenanya, dilaksanakan penambahan lajur Tol Surabaya - Gempol oleh PT Jasa marga cabang Surabaya Gempol, yang kini telah mencapai 50 persen. Penambahan lajur dilakukan pada kedua sisi bahu jalan Tol. Yang dalam perencanaannya, akan dilakukan...