ADAKITANEWS, Madiun – Seorang sopir truk ditangkap anggota Polres Madiun saat membawa kayu jati tanpa dokumen resmi, di Desa Batok Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun. Nyoto, 40, sopir asal Desa Randualas Kecamatan Kare Kabupaten Madiun tersebut sengaja mendesain alas truknya, untuk mengelabui petugas.

Kanit Tipiter (Tindak Pidana Tertentu) Unit 4 Polres Madiun, Ipda Arjuna Sulaiman Bormosa mengatakan, tersangka diamankan berkat laporan masyarakat yang mengetahui adanya pengangkutan kayu jati ilegal pada Selasa (05/12). Saat ditangkap, Nyoto terbukti membawa 33 batang kayu jati tanpa dilengkapi Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH).

“Tersangka menutup atas kayu jati tersebut menggunakan papan kayu sehingga terlihat seolah-olah merupakan dasar bak truk, dengan tujuan mengecoh petugas,” ujar Ipda Arjuna saat press rilis di Mapolres Madiun, Kamis (07/12).

Masih menurut Ipda Arjuna, berdasarkan pengakuan tersangka, ia hanya mendapat perintah melalui HP dari seseorang yang tidak dikenalnya untuk membawa kayu jati dari Desa Randualas Kecamatan Kare menuju Desa Beji Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun. “Tersangka dijanjikan upah Rp 500 ribu untuk mengangkut kayu tersebut,” imbuhnya.

Satreskrim Polres Madiun sendiri hingga saat ini masih mendalami barang bukti kayu jati tersebut dipergunakan untuk apa. “Pengakuan tersangka sendiri kepada petugas baru satu kali ini membawa kayu jati ilegal dan tidak mengetahui akan dipergunakan untuk apa,” lanjut Ipda Arjuna.

Dalam rilis di Halaman Polres Madiun tersebut, selain tersangka juga turut diamankan 33 kayu jati pacakan berbagai ukuran, satu unit truk nopol AE 8114 N yang sudah dimodifikasi untuk mengakut kayu, handphone, serta terpal plastik.

Tersangka diancam dengan pasal 83 UURI Nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, dengan ancaman pidana maksimal lima tahun dan denda paling banyak Rp 2,5 miliar.(bud)

Keterangan gambar : Tersangka dan barang bukti kayu jati serta truk yang sudah didesain untuk mengangkut kayu jati.(foto :budiyanto)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/071217-bud-madiun-kayu-jati-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/071217-bud-madiun-kayu-jati-150x150.jpgREDAKSIHukum Kriminaladakitanews,Berita,kayu jati,madiun,pencurian
ADAKITANEWS, Madiun - Seorang sopir truk ditangkap anggota Polres Madiun saat membawa kayu jati tanpa dokumen resmi, di Desa Batok Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun. Nyoto, 40, sopir asal Desa Randualas Kecamatan Kare Kabupaten Madiun tersebut sengaja mendesain alas truknya, untuk mengelabui petugas. Kanit Tipiter (Tindak Pidana Tertentu) Unit 4 Polres...