IMG_20141026_132351_1IMG_20141026_132602_1yy@dakitanews Kediri – Kasus penebangan pohon secara besaar-besaran di Dusun Simbar Desa Plosoklaten Kabupaten Kediri, Polres Kediri belum bisa banyak memberikan keterangan perihal perkembangan kasus tersebut. Meski warga setempat sebenarnya telah melaporkan penebangan pohon diwilayah tersebut sejak bulan September lalu. Warga juga mengaku telah menyerahkan bukti-bukti ke pihak Polres Kediri.

Sejak laporan warga itu, terhitung telah empat bulan berlalu, hingga memasuki bulan Desember ini, belum banyak perkembangan yang bisa didapat. Menurut Kasatreskrim Polres Kediri melalui KBO Reskrim, IPTU Panggayuh, lamanya proses penyelidikan dikarenakan melibatkan banyak pihak untuk dimintai keterangan. Terlebih,  kasus ini  melibatkan pejabat pemerintahan desa dan pejabat perkebunan yang terindikasi terlibat. Para pejabat daerah perlu didatangkan untuk dimintai keterangan. Hal tersebut juga mempengaruhi lamanya proses penyidikan.

“Karena banyak yang harus dimintai keterangan, makanya proses penyidikan ini lama, kalau milik pribadi bisa saja satu atau dua hari selesai,” Ujar IPTU Panggayuh.

Selain itu IPTU Panggayuh juga menekankan bahwa, saat ini Polres Kediri hanya menangani masalah perompangan pohon mahoni di Simbar yang masih berada di area Perusahaan Daerah milik pemkab, bukan masalah penebangan pohon liar yang terjadi di Desa Simbar Kecamtan Plosoklaten Kabupaten Kediri.

“Bukan, kami masih menangani masalah perompangan yang terjadi di area perkebunan saja, belum ada laporan masalah penebangan liar”, kata Panggayuh.

IPTU Panggayuh mengatakan, bahwa minggu depan akan dilakukan gelar perkara oleh Penyidik yang menangani masalah perompangan pohon mahoni tersebut. Namun untuk kepastian harinya, Panggayuh belum bisa memastikan.

“Rencana minggu depan akan ada gelar kasus, harinya kapan saya belum bisa pastikan”, imbuhnya.

Seperti yang diketahui, beberapa warga Dusun Simbarlor, Desa Plosokidul, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri pada bulan September lalu telah melaporkan adanya penebangan liar di daerahnya. Tidak hanya perompangan pohon mahoni di sekitar wilayah perkebunan daerah saja yang dilaporkan, tetapi juga pebangan pohon masal yang terjadi di wilayah desa setempat.(ys/bimo)

Keterangan gambar : Situasi penebangan masal yang menghabiskan perkebunan pemerintah daerah

REDAKSIDaerahHukum Kriminalillegal logging,penebangan liar
@dakitanews Kediri – Kasus penebangan pohon secara besaar-besaran di Dusun Simbar Desa Plosoklaten Kabupaten Kediri, Polres Kediri belum bisa banyak memberikan keterangan perihal perkembangan kasus tersebut. Meski warga setempat sebenarnya telah melaporkan penebangan pohon diwilayah tersebut sejak bulan September lalu. Warga juga mengaku telah menyerahkan bukti-bukti ke pihak Polres...