ADAKITANEWS, Blitar – Berbagai elemen terkait di Kabupaten Blitar diantaranya MUI, lembaga-lembaga Ormas seperti NU, Muhammadiyah, dan LDII, serta Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Kemenag, dan seluruh pengurus madrasah diniyah menyepakati untuk mengusulkan kepada Bupati Blitar agar menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penguatan pendidikan karakter.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Hery Romadhon mengatakan, pihaknya mendukung dengan kesepakatan tersebut. Bahkan, Dewan juga akan merekomendasikan kepada Bupati untuk menerbitkan Perbup tentang penguatan pendidikan karakter.

Selain itu menurutnya, penerapan pendidikan karakter juga sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 mengenai Pendidikan Karakter.

“Penguatan pendidikan karakter tentunya dalam rangka menyiapkan generasi emas anak bangsa. Jadi nantinya dalam Perbup tidak hanya mengatur pendidikan karakter yang ada di sekolah, namun lembaga-lembaga pemerintah, baik Pemerintah Daerah serta yang ada di kecamatan hingga tingkat desa juga ikut berpartisipasi dalam penguatan pendidikan karakter,” kata Hery Romadhon saat ditemui di kantor DPRD, Jumat (23/03).

Lebih lanjut Hery menegaskan, sebagai bentuk dukungan adanya Perbup tentang penguatan pendidikan karakter, DPRD akan mendiskusikan formula anggaran yang akan disiapkan melalui APBD yang akan dituangkan dalam peraturan Bupati. Sehingga pelaksanaan pendidikan karakter bisa terwujud dan membentuk generasi muda sesuai harapan.

“Kalau untuk masalah penggunaan waktu jam belajar sudah tidak ada kendala. Karena sepenuhnya diserahkan kepada lembaga sekolah masing-masing, apakah menerapkan 5 hari atau 6 hari sekolah dalam seminggu. Namun yang terpenting dalam pembelajaran harus dipastikan ada penguatan karakter,” pungkas politisi Partai Amanat Nasional ini.

Selama ini dketahui, ada beberapa kejadian di tengah masyarakat terhadap kemerosotan akhlak. Termasuk peserta didik terkait dengan pornografi, penyimpangan seksual, dan melakukan hal yang tidak patut. Sehingga perlu adanya penguatan karakter sebagai jati diri bangsa.(fat/wir)

Keterangan gambar: Hery Romadhon, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews20180323_185504-1024x766.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews20180323_185504-150x150.jpgREDAKSIPendidikanadakitanews,Berita,blitar,dprd blitar,pendidikan karakter
ADAKITANEWS, Blitar - Berbagai elemen terkait di Kabupaten Blitar diantaranya MUI, lembaga-lembaga Ormas seperti NU, Muhammadiyah, dan LDII, serta Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Kemenag, dan seluruh pengurus madrasah diniyah menyepakati untuk mengusulkan kepada Bupati Blitar agar menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penguatan pendidikan karakter. Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD...