prodamas– Para pengurus Rukun Tetangga (RT) Kota Kediri merevisi perencanaan program dana masyarakat Rp 50juta/RT per-tahun (Prodamas), Pemerintah Kota Kediri. Program tersebut direncanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Kediri. Revisi dilakukan guna mengkoreksi manifestasi dari program yang diusulkan oleh masyarakat secara langsung.

Seluruh pejabat RT se-Kota Kediri menerima instruksi untuk melakukan revisi, dan mengkaji ulang usulan pelaksanaan program Prodamas Pemkot Kediri dilakukan sejak Rabu,(18/9) lalu. Agenda tersebut dilakukan di tiap-tiap Balai Kelurahan di Kota Kediri. Revisi dilakukan guna mengkoreksi ulang usulan pemanfaatan program nantinya.

Usulan-usulan dari masyarakat dikaji ulang sebelum direalisasikan nantinya. Agar ke depan manifestasi dari program tersebut benar-benar berdasarkan kepentingan masyarakat secara luas.

Menurut informasi yang dihimpun oleh tim @dakita.com kepada pejabat RT, . menyatakan bahwa, nantinya pemanfaatan dari Prodamas untuk pembangunan Infrastruktur, pengembangan Ekonomi kolektif, dan kesejahteraan sosial. tetapi tidak semuanya bisa realisasi, karena harus melewati tahap revisi dan evalusi terlebih dahulu.

“Di RT kami mengusulkan berbagai macam usulan pemanfaatan prodamas. seperti, pembangunan got saluran air, gapura, pos keamanan lingkungan (pos kamling), santunan anak yatim, dan program ekonomi mandiri. tetapi untuk progam ekonomi mandiri ini revisi sangat ketat dilakukan. “Terang Eko Rianto, Ketua RT/RW 09/02 Kelurahan Ngampel Kota Kediri.Senin, (22/9)

Sementara, menurut Ketua RT/RW 04/02 Kelurahan Bujel, Yan Fauza mengatakan, terdapat tiga segmentasi di dalam Prodamas yakni, Infrastruktur, Ekonomi, dan Sosial. Dari infrastuktur sendiri tidak mengalami banyak revisi. Sedangkan untuk progam Ekonomi dilakukan evaluasi cukup ketat. fungsi dari keketatan evaluasi tesebut dinyatakan guna menghindari sentralisasi kepentingan di dalam masyarakat.

Selain itu, terkait informasi berkenaan dengan realisasi dari Prodamas sendiri, menurut inforrmasi yang sudah disosialisasikan ke masyarakat. Prodamas akan direalisasi pada bulan Januari 2015 depan.

“Usulan tentang infrastuktur yang kami ajukan tidak mengalami banyak koreksi. tetapi usulan mengenai ternak ayam, dan ternak ikan gurami, dievaluasi di balai kelurahan kemarin Kamis (18/9), di Balai Kelurahan. Karena pemerintah kota sendii khawatir kalau nantinya progam ekonomi hanya menjadi kepentingan beberapa orang. selain itu, dalam berjalannya juga berbenturan dengan adanya PNPM di Kelurahan. sedangkan kalau informasi mengenai realisasi dana, akan dilakukan pada bulan Januari 2015.” Terang Yus Fauza. (Ega)

Keterangan Gambar   :

RedaksiDaerah
- Para pengurus Rukun Tetangga (RT) Kota Kediri merevisi perencanaan program dana masyarakat Rp 50juta/RT per-tahun (Prodamas), Pemerintah Kota Kediri. Program tersebut direncanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Kediri. Revisi dilakukan guna mengkoreksi manifestasi dari program yang diusulkan oleh masyarakat secara langsung. Seluruh pejabat RT se-Kota Kediri menerima instruksi untuk...