batik@dakitanews Kediri – Bertepatan Hari Batik Nasioanal yang jatuh pada Kamis, (2/10/2014) masyarakat di Desa Sekoto Kecamatan Pare Kabupaten Kediri- Jawa Timur melakukan cara yang unik untuk merayakannya, yakni fashion show batik dan nyanting bersama. Acara nyanting adalah belajar mendesain sebuah motif batik khas Kediri yang diikuti lebih dari 100 peserta. Acara ini berlangsung meriah dan berkesan nasionalis.

Lewat kegiatan nyanting bersama ini memotivasi semua masyaraat dalam melestarikan batik sebagai karya asli Indonesia. Sedang para model yang memperagakan batik-batik khas Kediri yang bermotifkan kuda lumping tampak anggun walau berdiri dipiggir jalan. Motif yang dipakai kuda lumping diambil panitia karena kesenian kuda lumping merupakan kesenian khas asli Kediri.

Panita menyediakan seluruh peralatan membatik dengan cuma-cuma, mulai dari canting, kompor kecil, wajan mini dan kain putih berukuran 3 meter persegi yang sudah tergambar motif. Para peserta dibagi atas kelompok kecil yang terdiri dari lima orang dan satu pembimbing. Semua peserta tampak antusias mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk menghasilkan karya batik yang indah.

Salah satu peserta, Sinta mengaku, karena baru pertama kali melakukan kegiatan ini ia merasa gugup. Meskipun hasil karyanya belepotan atau kurang rapi ia merasa cukup senang, menurutnya kegiatan nyanting bersama ini memotivasi semua masyarakat dalam melestarikan batik sebagai karya seni asli Indonesia.

“Masih malu dan akhirnya gugup, karena belum pernah ikut acara seperti ini. Tapi saya senang dapat ikut tampil diacara ini,” ungkapnya.

Panitia penyelenggara Suminarwati mengaku, acara ini merupakan peringatan hari batik nasional yang jatuh hari ini. Panitia sangat bersyukur karena dari target 100 peserta ternyata yang hadir lebih dari 130 orang. Kegiatan ini bertujuan agar batik lebih memasyarakat khususnya di Kediri, lebih dicintai dan akhirnya masyarakat luas ingin mencobanya.

“Kita besyukur acara pada hari ini banyak diminati masyarakat. Sebenarnya target kita hanya 100 peserta, ternyata mencapai sekitar 130 peserta, lebih dari yang kita targetkan,” jelas Suminarwati

Penyelenggara kegiatan nyanting bersama merupakan salah satu produsen batik ternama di Kabupaten Kediri. Ada berbagai jenis karya batik khas Kediri yang telah dilahirkan, dua motif yang paling terbaru: Kuda Lumping dan Selomangleng. (alex)

Keterangan Gambar : Acara fashion show peringati hari batik nasional

RedaksiDaerahhari batik
@dakitanews Kediri - Bertepatan Hari Batik Nasioanal yang jatuh pada Kamis, (2/10/2014) masyarakat di Desa Sekoto Kecamatan Pare Kabupaten Kediri- Jawa Timur melakukan cara yang unik untuk merayakannya, yakni fashion show batik dan nyanting bersama. Acara nyanting adalah belajar mendesain sebuah motif batik khas Kediri yang diikuti lebih dari...