Peringati Hari Kartini, Polwan Berkebaya Atur Lalu Lintas

793

hari kartini 4 hari kartini 3ADAKITANEWSP-tenggelamIMG_7334_resized, Tulungagung – Semangat emansipasi perempuan yang diperjuangkan oleh RA Kartini mendapat apresiasi dari Satuan Lalu Lintas Polres Tulungagung. Dalam operasi simpatik semeru 2015 beberapa Polwan mengenakan pakain kebaya dalam mengatur lalu lintas di Jl KH Gus Salim. Mereka juga membantu menyeberangkan siswa yang hendak ke sekolah.

“Untuk memperingati Hari Kartini, khususnya kepada Polwan diwajibkan untuk memakai kebaya. Hal ini bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan wanita yang memperjuangkan emansipasi wanita sehingga bisa sejajar dengan pria,” ujar KBO Lantas Iptu Sumaji.

Selain mengatur lalu lintas di depan SMPN 1 Tulungagung yang rawan akan kemacetan, Polwan berkebaya ini juga mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas kepada seluruh pengguna jalan agar lebih berhati – hati ketika berkendara. Mereka juga mengingatkan pada orang tua yang mengantar anaknya sekolah agar lebih memperhatikan lagi keselamatan dalam berkendara. “Sosialisasi bagi pengguna jalan juga dilakukan. Karena bertepatan dengan operasi simpatik,” terangnya.

Sumaji juga menambahkan perjuangan RA Kartini dalam mengangkat harkat dan derajat perempuan belumlah usai. Saat ini Polwan juga mempunyai peranan untuk meneruskan perjuangan Kartini. “Berkat perjuangan RA. Kartini, sekarang ini derajat wanita sudah sejajar dengan pria,” katanya.

Aksi Polwan ber kebaya ini mendapat respon positif dari masyarakat. Indra Budiman, salah satu pengguna jalan mengatakan, dirinya sempat kaget ketika melihat ada beberapa polisi berada di depan sekolah putranya. Dia mengira jika ada razia lalu lintas, namun ketika didekati ternyata terlihat  beberapa polwan yang mengenakan kebaya sedang mengatur lalu lintas. Dia salut dengan para polwan yang masih menghargai budaya serta memperingati jasa pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita.

“Selama ini sering dilihat polwan mengenakan seragam dinas seperti laki-laki. Maka dengan pakaian seperti ini (kebaya), bisa mengingatkan para Polwan tentang kodratnya sebagai kaum wanita,” pungkasnya. (Bram).

Keterangan Gambar : Anggota Polwan Polres Tulungagung kenakan kebaya ketika menyeberangkan siswa SMPN 1 Tulungagung Polwan Mengatur Lalu Lintas Kenakan Kebaya.