Peringati Hari kemerdekaan, Rony Ngontel 100 Hari keliling Tanah Air

582

rony 1ADAKITANEWS, Jombang – Rony  Hartono (38) pria asal Kabupaten Kendal, Jawa tengah ini bisa dikatakan orang yang unik. Bagaimana tidak, penggemar sepeda ontel yang satu ini  mengelilingi Negeri mulai dari Sabang sampai Merauke, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke – 71 dengan sepeda ontel miliknya.

Rony Hartono, bercerita,  sebenarnya ekspedisi yang dia lakukan ini bukan yang pertama kalinya, namun sudah dilakukannya hingga empat kali ini. Sebelumnya, pada tahun 2010 silam, Rony pernah berjalan kaki berkeliling Nusantara  dari Sabang – Merauke. Perjalanan cukup panjang itu dia tempuh sendiri selama kurun waktu empat tahun lebih.

Kemudian ekspedisi kedua, dia lakukan dengan cara gowes menggunakan sepeda ontel sederhana miliknya menuju empat penjuru mata angin mengelilingi Negeri juga.

“Ini merupakan wujud cinta saya kepada tanah air bahwa anak Indonesia juga bisa melakukan hal yang unik dan kreatif,” kata Rony, saat singgah di kediaman Mister Masudin, Pakar terapi telinga di Desa Banyuarang, kecamatan, Ngoro, Jombang, Jumat (26/08).

Tidak hanya itu, pria ini sebelumnya juga pernah berhasil  mancal ke 45 puncak gunung berapi di tanah air.”ini yang kemudian membuat saya berhasil meraih penghargaan Leprid (lembaga Prestasi Indonesia),” ungkapnya sambil mengecek kesiapan sepeda ontelnya.

Rony mengakui jika selama gowesnya mendaki 45 puncak gunung berapi itu sempat menemui banyak rintangan. Beberapa puncak gunung harus dia taklukkan dengan ekstra sabar dan susah payah karena kondisi alam setempat.  Salah satunya, dia mencontohkan seperti gunung Ijen di Kabupaten Banyuwangi.

“Saat mancal menuju puncak jalanya menanjak dan tidak memungkinkan lagi untuk digowes ya terpaksa saya jalan kaki sepeda saya tuntun, kalau cara kedua itu sulit, saya pakai cara ketiga yakni dengan memanggulnya, kalau masih kesulitan lagi saya masih ada satu cara, yakni dengan cara saya seret menggunakan tali,” kenangnya.

“Kalau untuk ekspedisi keempat ini saya jadwalkan kelar dalam waktu seratus hari dan ini sudah masuk hari ke -48, jadi mulai start tanggal 8 Juli di Nol kilometer Sabang dan rencananya finish di Merauke tanggal 15 oktober nanti,” imbuhnya.

Dalam perjalanan mengarungi bumi pertiwi itu, Rony mengaku banyak hal suka maupun duka yang dia alami. Sukanya, kata Rony, selama itu pula dia sudah memiliki banyak pengalaman hidup, teman dan berbaur dengan segala komunitas.

“Dukanya saat saya melintasi daerah rawan konflik seperti Sampit, Ambon, saya merasa sedikit ada kekhawatiran, namun saat itu saya tetap tenang,” kenang pria kelahiran Surabaya ini.

Sementara, saat tiba di Jombang, Rony disambut dengan meriah oleh sejumlah komunitas sepeda pancal setempat.  setelah semalam singgah di Desa Banyuarang Kecamatan Ngoro, pada jumat (26/08/16) siang, Rony langsug melanjutkan perjalanan menuju Surabaya dengan diantar oleh iringan puluhan penggemar ontel hingga batas Kabupaten Jombang dan Mojokerto.

“Semoga sampai di Merauke sesuai jadwal dengan sehat dan selamat, karena setelah itu dia masih punya cita-cita ngontel ke puncak gunung Kilimanjaru, gunung berapi tertinggi di dunia yang ada di Afrika,” pungkas Masudin, yang juga penggemar sepeda ontel kuno ini.(Tari/Jati)

 

Keterangan Gambar : Rony Hartono, saat perjalanan menuju Surabaya dikawal oleh belasan anggota komunitas peseda ontel di Jombang.