ADAKITANEWS, Blitar – Ide-ide kreatif terus dicetuskan masyarakat Kabupaten Blitar. Seperti yang dilakukan warga Desa Serang Kecamatan Panggungrejo, yang dimotori oleh Kepala Desa setempat hingga berhasil menggelar Festival Barong di Pantai Serang, Minggu (10/12).

Ditemui di sela-sela festival, Kepala Desa Serang, Handoko Prawiro mengatakan, persiapan Festival Barong ini kurang dari 1 bulan. Menurutnya, dengan waktu yang singkat ini tentu ada kendalanya, seperti sulitnya mempertemukan pembarong untuk bersilaturahmi mengikuti festival.

“Alhamdulillah dengan persiapan kurang dari 1 bulan kita mampu menggelarnya. Karena biasanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 bulan. Ya meski waktu mepet, jumlah peserta yang ikut sudah sesuai dengan yang kita harapkan, yakni lebih dari 500 pembarong,” katanya, Minggu (10/12).

Handoko berharap, kedepan bisa membuat acara serupa dengan lebih baik lagi. Salah satunya bisa dimasukkan dalam rangkaian acara festival serang setiap bulan September. “Sebenarnya waktu Serang Festival sudah hampir terlaksana, tetapi karena belum bisa komunikasi dengan beberapa paguyuban akhirnya ditunda,” jelasnya.

Masih ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Totok Sugiharto mengatakan, dari sisi pariwisata kegiatan Festival Barong di Pantai Serang memang sangat luar biasa. Dan melalui festival tersebut, pariwisata di Kabupaten Blitar bisa didongkrak.

“Kita sangat mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini semakin luar biasa karena dibarengi dengan orasi Pancasila, dimana dengan seni Festival Barong ini sebenarnya kesempatan kita dalam mensosialisasikan Pancasila melalui kegiatan budaya seperti ini. Karena dengan kegiatan kebudayaan ini muncul kegotong-royongan dengan semua pihak,” jelas Totok.

Lebih lanjut Totok menuturkan, pihaknya akan terus mendorong wisata-wisata yang ada di Kabupaten Blitar bisa mencontoh kegiatan seperti ini. “Tentu jika sering mengadakan even, maka secara otomatis mendongkrak wisata,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar, Luhur Sejati mengatakan, Festival Barong ini merupakan ide kreatif dari warga Desa Serang yang dimotori Kepala Desa Serang. Sehingga tugas Pemkab adalah terus mendukung kegiatan seperti ini sebagai upaya melestarikan tradisi barong dan upaya promosi wisata yang ada di pantai serang.

“Acara seperti ini bisa diagendakan rutin setiap tahun. Jadi setiap 3 sampai 4 bulan sekali ada beberapa festival, seperti Festival Serang, barong, maupun jazz. Sehingga bergantian dan tidak numpuk dalam satu waktu,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar : Suasana Serang Barong Festival (foto: wiro)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/101217-wir-blitar-barongan-2-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/101217-wir-blitar-barongan-2-150x150.jpgREDAKSISeni Budayaadakitanews,Berita,blitar,festival barongan,pantai serang
ADAKITANEWS, Blitar - Ide-ide kreatif terus dicetuskan masyarakat Kabupaten Blitar. Seperti yang dilakukan warga Desa Serang Kecamatan Panggungrejo, yang dimotori oleh Kepala Desa setempat hingga berhasil menggelar Festival Barong di Pantai Serang, Minggu (10/12). Ditemui di sela-sela festival, Kepala Desa Serang, Handoko Prawiro mengatakan, persiapan Festival Barong ini kurang dari...