Jakarta. Netizen banjiri linimasa di acara penutupan Asian Games 2018 dengan tagar #closingceremonyasiangames2018. Acara penutupan Asian Games 2018 dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (2/9).

Sebanyak 55 ribu tiket terjual dalam 23 menit untuk acara penutupan Asian Games 2018 ini. Acara dibuka dengan lagu Indonesia Rayam diikuti oleh parade bendera negara kontestan, dan para atlet dari berbagai negara.

Asian Games ke-18 ditutup dalam upacara meriah di tengah tekad Indonesia untuk menyelenggarakan Olimpiade 2032 dan dengan pujian “Sukses Bersejarah” dari Dewan Olimpiade Asia, OCA. Hujan lebat tak menyurutkan semangat banyak warga yang datang memenuhi Gelora Bung Karno untuk menyaksikan upacara penutupan.

Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Ahmed Al-Sabah memberikan selamat kepada tuan rumah sebelum menyatakan Asian Games ditutup.

“Anda berhasil menyelenggarakannya. Anda membuat mimpi Asia, energi Asia menjadi kenyataan. “Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, energi Asia, merupakan sukses bersejarah ” kata Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah, Presiden Dewan Olimpiade Asia kepada massa yang memenuhi Gelora Bung Karno.

“Terima kasih Jakarta, Terima kasih Palembang…Langit menangis karena kami sangat sedih hari ini karena kami harus meninggalkan negaramu yang indah. Indonesia, terima kasih banyak, Kami cinta kalian, kata Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Ahmed Al-Sabah.” kata Sheikh Ahmad.

“Kami pulang dengan banyak kenangan, kenangan indah dalam pesta olahraga hebat ini. Kami tak akan pernah melupakannya, kamu akan selalu ada di hati kami,” tambahnya.

Ribuan atlet memakai poncho di tengah hujan deras dalam pesta olahraga terbesar di dunia setelah Olimpiade ini. Paling tidak 17.000 atlet dari 45 negara ikut serta.

Upacara penutupan disemarakkan dengan penampilan musisi dan penari dari Indonesia, India dan Korea Selatan dengan kembang api mewarnai langit.

Presiden Joko Widodo mengumumkan Sabtu (02/09) Indonesia akan mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032.

Ketua Olimpiade Thomas Bach menyambut rencana ini namun memperingatkan Indonesia perlu menjaga energi positif yang ditimbulkan melalui penyelenggaraan Asian Games.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang tak terlupakan.

“Selamat kepada Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang tak terlupakan. Pertandingan-pertandingan itu menjadi saksi penampilan hebat para atlet dan mewujudkan semangat sportivitas yang luar biasa,” kata Modi melalui Twitternya.

Konser musik dan pertunjukan tari bakal menjadi bagian terakhir penutupan acara. Artis-artis dalam negeri seperti Gigi, Denada, Siti Badriah, Winky Wiryawan, Jevin Julian, RAN, Bunga Citra Lestari, JFlow, Dira Sugandi, Ade Govinda, dan Irfan Samsons akan tampil. Selain itu rombongan dari Jember Fashion Carnaval juga akan ambil bagian dalam upacara penutupan.

Sementara artis-artis luar negeri yang akan tampil adalah iKON dan Super Junior dari Korea Selatan, dan Siddharth Slathia dari India. Acara upacara penutupan Asian Games 2018 direncanakan selesai pada pukul 22.00 WIB. (FIR)

Foto: Reuters

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/09/closing-asian-games.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/09/closing-asian-games-150x150.jpgREDAKSIInternasionalNasional
Jakarta. Netizen banjiri linimasa di acara penutupan Asian Games 2018 dengan tagar #closingceremonyasiangames2018. Acara penutupan Asian Games 2018 dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (2/9). Sebanyak 55 ribu tiket terjual dalam 23 menit untuk acara penutupan Asian Games 2018 ini. Acara dibuka dengan lagu Indonesia Rayam diikuti...