ADAKITANEWS, Tulungagung – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada 2018 mendatang, diharapkan kepada para Kepala Desa untuk bersikap netral.

“Netralitas dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tulungagung harus dijaga oleh Kepala Desa atau Lurah dan Perangkat Desa. Para Kades atau Lurah dan perangkatnya diingatkan agar menghindari bersentuhan dengan pasangan calon,” kata Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo di acara Sosialisasi Peran Strategis Aparatur Pemerintahan Desa dan Kelurahan dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018, Selasa (10/10).

Di depan para Kepala Desa, Lurah, dan Komisioner KPUD Tulungagung, Syahri Mulyo menyampaikan bagi Kades atau Lurah mungkin ini sulit dan rumit. “Sebab permasalahan yang sering muncul adalah kades kurang memahami tentang tahapan pemilihan dan prosedur penanganan pelanggaran, sehingga tidak dapat optimal memberikan sosialisasi kepada perangkat desa atau masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Syahri, ada kecenderungan, peserta pemilihan untuk menggunakan perangkat desa dalam mempengaruhi pemilih. “Pemkab akan melakukan sosialisasi pemilihan bersama penyelenggara pemilu dengan sasaran peserta kades dan perangkat desa. Serta lebih meningkatkan pengawasan melekat terhadap perangkat desa,” katanya.

Sosialisasi ini tidak hanya menyangkut masalah netralitas aparatur pemerintahan desa atau kelurahan saja, namun juga terkait masalah tingkat partisipasi masyarakat untuk kelangsungan Pilkada.

“Pilkada mendatang tidak hanya pemilihan Bupati dan Wakilnya saja, namun juga ada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, jadi tingkat partisipasi masyarakat harus diperhatikan,” lanjut Syahri Mulyo.

“Jika tingkat partisipasi masyarakat terhadap Pilkada rendah, misalkan 50 persen kebawah, ini kan parah. Itu yang harus kita hindarkan, karenanya perlu peran aparat tingkat bawah,” pungkas Syahri.(ta1)

Keterangan gambar : Bupati Tulungagung saat membuka Sosialisasi Peran Strategis Aparatur Pemerintahan Desa dan Kelurahan dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/101017-ta1-tulungagung-kades-1024x573.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/101017-ta1-tulungagung-kades-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,kades,lurah,pilkada,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada 2018 mendatang, diharapkan kepada para Kepala Desa untuk bersikap netral. “Netralitas dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tulungagung harus dijaga oleh Kepala Desa atau Lurah dan Perangkat Desa. Para Kades atau Lurah dan perangkatnya diingatkan agar menghindari...