ADAKITANEWS, Blitar – Pasca insiden kaburnya 17 tahanan di Polres Malang pada, Rabu (19/04) lalu, pihak kepolisian langsung melakukan antisipasi dini. Salah satunya Polres Blitar yang sengaja memindahkan 31 tahanannya ke Lapas Kelas IIB Blitar.

Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya mengatakan, sesuai arahan dari Polda untuk melakukan audit dan pengecekan terhadap fasilitas bangunan, pihaknya memindahkan 31 tahanan yang ada di Polres Blitar untuk dititipkan di Lapas Kelas II B Blitar, Kamis (20/04). “Kita dapat arahan dari Bapak Kapolda untuk melakukan audit dan kroscek fasilitas bangunan gedung. Sehingga 31 tahanan yang berada di Polres Blitar kita titipkan ke Lapas Kelas IIB,” papar AKBP Slamet, Kamis (20/04).

Setelah tahanan dipindahkan, lanjut Kapolres, pihaknya akan memeriksa kelayakan bangunan ruang tahanan di Polres Blitar. Jika ada hal-hal yang perlu diperbaiki maka akan segera diperbaiki. Hal ini sebagai antisipasi agar kejadian seperti di Malang tidak terulang di Kabupaten Blitar. “Tentunya ini sebagai langkah antisipasi agar kejadian di Malang tidak terulang di Blitar. Kami akan segera perbaiki apapun yang dianggap perlu perbaikan,” ungkapnya.

AKBP Slamet menjelaskan, tahanan yang dipindahkan tersebut, 10 diantaranya merupakan tahanan yang terlibat kasus narkoba, sedangkan sisanya tindak pidana umum. Pengecekan dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, namun ini akan dilakukan audit secara total dan menyeluruh. Sementara kapasitas ruang tahanan di Polres Blitar bisa menampung untuk 40 orang.

“Dalam pengecekan ini kita perlu konsentrasi dan fokus, sehingga sementara tahanan dititipkan di Lapas kurang lebih sekitar 4 hingga 5 hari. Dan untuk saat ini sementara pengecekan bangunan fisik, selanjutnya sambil mengecek apakah ada penjaga yang kurang,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana pemindahan 31 tahanan dari Polres Blitar ke Lapas kelas II B Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/04/200417-blt2-blitar-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/04/200417-blt2-blitar-150x150.jpgREDAKSIHukum Kriminaladakitanews,Berita,blitar,polres blitar,tahanan
ADAKITANEWS, Blitar - Pasca insiden kaburnya 17 tahanan di Polres Malang pada, Rabu (19/04) lalu, pihak kepolisian langsung melakukan antisipasi dini. Salah satunya Polres Blitar yang sengaja memindahkan 31 tahanannya ke Lapas Kelas IIB Blitar. Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya mengatakan, sesuai arahan dari Polda untuk melakukan audit dan pengecekan...