Kapolres AKBP Muji Ediyanto gelar BB-1Petugas sita BB alat penambang-1

ADAKITANEWS, Blitar – Polres Blitar akhirnya menetapkan tiga tersangka dalam kasus penambangan liar di wilayah hukumnya, usai melakukan razia. Sementara tiga pelaku lainnya, masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres Blitar AKBP Muji Ediyanto menyatakan, para tersangka dan pelaku yang masih menjalani penyelidikan lebih lanjut itu merupakan pelaku penambangan pasir yang berada di enam TKP yang terjaring razia.”Dua dari tiga pelaku yang sudah kita tetapkan sebagai tersangka, berinisial TG dan IT,” jelas Kapolres.

Dikatakan oleh Kapolers, razia penambang pasir ilegal dilakukan sejak empat  bulan terakhir. Dari enam pelaku yang terjaring, empat diantaranya terjaring razia yang dilakukan sekitar empat bulan lalu. Sementara dua diantaranya, terjaring razia yang dilakukan pada Jumat, (26/06) kemarin.

“Untuk razia kemarin ada dua TKP lagi yang masih dalam proses sidik yakni di Kali Brantas tepatnya di Kecamatan Selopuro dan Kecamatan Kademangan. Untuk tersangkanya belum kami tetapkan.” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, dalam razia tambang ilegal itu, petugas kepolisian berhasil menyita beberapa ton batu dan Cruisher serta 3 mesin penyedot pasir sebagai barang bukti. Sementara peta pelaku, termasuk yang telah ditetapkan sebagai tersangka akan dijerat dengan pasal 161 Undang-undang Minerba dengan ancaman 10 tahun dan denda 1 milyar rupiah. Meski begitu, menurut Kapolres, kepada para tersangka belum dilakukan penahanan. Untuk sementara  ini sambil menunggu kelanjutan proses hukum, para tersangka  dikenakan wajib lapor.

“Untuk para tersangka belum kami lakukan penahanan dan dilakukan wajib lapor, sejauh ini para tersangka ini cukup kooperatif.” kata Kapolres.(wir/jati)

Keterangan foto : Kapolres Blitar AKBP Muji Ediyanto saat gelar BB Penambang pasir ilegal dan melakukan penyitaan

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/06/Petugas-sita-BB-alat-penambang-1.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/06/Petugas-sita-BB-alat-penambang-1-150x150.jpgRedaksiHukum Kriminalblitar,liar,tambang
  ADAKITANEWS, Blitar - Polres Blitar akhirnya menetapkan tiga tersangka dalam kasus penambangan liar di wilayah hukumnya, usai melakukan razia. Sementara tiga pelaku lainnya, masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut. Kapolres Blitar AKBP Muji Ediyanto menyatakan, para tersangka dan pelaku yang masih menjalani penyelidikan lebih lanjut itu merupakan pelaku penambangan pasir...