Polres Jombang Gandeng Santri dan Ponpes Atasi Masalah Lalu Lintas

767

ADAKITANEWS, Jombang – Kepolisian Resort Jombang menggandeng seluruh elemen pesantren di Kabupaten Jombang untuk menekan angka kecelakaan dan pelanggaran berlalu lintas. Hal tersebut diawali dengan digelarnya Apel Besar Santri Mandiri Dan Pemuda Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, Selasa (31/10).

Acara yang dilaksanakan di lapangan Mapolres Jombang ini dihadiri oleh ratusan peserta dari kalangan santri yang ada di seluruh pondok pesantren di Kabupaten Jombang. Tidak ketinggalan, selain pejabat tinggi kepolisian dari Polres Jombang, juga turut hadir Bupati Jombang beserta Wakil Bupati dan seluruh unsur Forpimda Kabupaten Jombang.

Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto mengatakan bahwa Kabupaten Jombang merupakan kabupaten yang memiliki berbagai potensi di masyarakat. Salah satunya yakni adanya 168 pondok pesantren yang tersebar di seluruh daerah di Jombang.

“Kami hari ini bersama seluruh santri dari berbagai pondok pesantren yang ada di Jombang dan disaksikan oleh seluruh kiai dari pimpinan ponpes beserta Bupati dan Wakil Bupati Jombang, berikrar dengan sama–sama menjaga Kabupaten Jombang dalam menjaga kedisiplinan berlalu lintas guna menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” tutur AKBP Marlianto.

Inovasi dan gagasan tersebut, kata Kapolres, dilatar belakangi atas keprihatinan dalam melihat tingginya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Jombang. “Ini semua dimulai atas rasa keprihatinan dengan kondisi tingginya angka kecelakaan di Jombang. Maka dari itu, dengan menggandeng santri mandiri dan pemuda pelopor yang ada di Jombang, kami berharap angka kecelakaan dan pelanggaran bisa teratasi,” ujar Kapolres Jombang.

Sementara itu, salah satu pimpinan pondok pesantren di Jombang, KH Cholil Dahl mengapresiaisi adanya inovasi yang digagas oleh Polres Jombang tersebut. Kiai yang juga menjabat sebagai Ketua MUI Kabupaten Jombang ini menyampaikan bahwa santri mandiri dan pemuda pelopor harus ikut serta dalam upaya mengatasi masalah lalu lintas di Kabupaten Jombang.

“Saya ucapkan selamat bagi santri mandiri dan pemuda pelopor, dengan adanya kerjasama ini saya berharap santri juga bisa ikut menjaga keselamatan negara untuk menuju kesejahteraan bersama. Selamat dunia dan akhirat,” pungkas KH Cholil Dahl.

Di akhir acara Apel Besar Santri Mandiri Dan Pemuda Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, juga dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama Forpimda dengan pimpinan ponpes dalam rangka giat santri mandiri dan pemuda pelopor keselamatan berlalu lintas untuk mewujudkan tahun keselamatan 2017–2018.(ar)

Keterangan gambar: Apel Besar Santri Mandiri Dan Pemuda Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas di Mapolres Jombang serta penandatangan komitmen bersama Forpimda dengan pimpinan pondok pesantren di Kabupaten Jombang.(foto:adi rosul)