ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pasca adanya penolakan terhadap hasil e-voting Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Klantingsari Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo, jajaran Polresta Sidoarjo sempat mengirimkan 1 peleton pasukan bantuan ke lokasi, Minggu (25/03) malam.

Kabag Ops Polresta Sidoarjo, Kompol Edy Santoso mengatakan, pihaknya selaku pengendali keamanan sempat mengirim satu peleton Pengendali Massa (Dalmas) Inti, yang berjumlah 30 personel untuk disiagakan di Kantor Desa Klatingsari.

“Seusai pemilihan suara kemarin, pasca pencoblosan ada dari pihak calon yang kalah menolak untuk tanda tangan hasil perolehan, meminta bertemu dengan Camat dan panitia penyelenggara,” ujar Kompol Edy Santoso saat dihubungi melalui telepon, Senin (26/03) sore.

Dikatakan Kompol Edy, pengiriman satu peleton Dalmas tersebut adalah sebagai upaya kepolisian untuk antisipsi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita harus menjaga kondusifitas dan keamanan masyarakat,” terangnya.

Lebih jauh Kompol Edy menjelaskan, warga akhirnya sempat melakukan mediasi dengan panitia dan Camat Tarik pada Senin (26/03) siang.

“Alhamdulillah, setelah warga yang menolak tadi bisa kita kendalikan dengan melakukan pendekatan dan arahan. Karena menyampaikan pendapat tidak harus melakukan hal-hal yang merugikan pihak lain karena ada pihak yang menanganinya sendiri,” papar polisi dengan satu melati di pundaknya itu.

Hingga berita ini ditulis, satu peleton yang disiagakan tersebut sudah ditarik kembali dan kondisi di Desa Klantingsari dipastikan aman dan kondusif.

Seperti diberitakan sebelumnya, Desa Klantingsari Kecamatan Tarik merupakan satu dari 17 desa yang menggelar Pilkades menggunakan metode e-voting. Penolakan didasari adanya ketidak samaan hasil perolehan suara, dengan jumlah pemilih yang hadir.

Ketidak samaan jumlah tersebut, diduga akbat adanya human error yang dilakukan panitia.(sid3)

Keterangan gambar : Warga saat melakukan mediasi dengan panitia di Kantor Desa Klatingsari, Senin (26/03).(ist)‎

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/IMG-20180326-WA0005.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/IMG-20180326-WA0005-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,e-voting,pilkades serentak,sidoarjo
ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pasca adanya penolakan terhadap hasil e-voting Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Klantingsari Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo, jajaran Polresta Sidoarjo sempat mengirimkan 1 peleton pasukan bantuan ke lokasi, Minggu (25/03) malam. Kabag Ops Polresta Sidoarjo, Kompol Edy Santoso mengatakan, pihaknya selaku pengendali keamanan sempat mengirim satu peleton...