2@dakitanews Kediri  – Program Pensiun Dini yang dilaksanakan PT Gudang Garam Tbk akan berdampak menambah jumlah pengangguran baru di wilayah Kediri. Jumlah Karyawan yang memilih pensiun dini terus bertambah. Dikhawatirkan program tersebut akan menambah angka pengangguran di Kabupaten Kadiri.

Data terakhir yang dihimpun adakitanews.com, hingga Kamis (09/10) sore, total karyawan yang telah menandatangani kontrak Program Pensiun Dini telah mencapai 4.288 karyawan. Namun hingga kini pihak PT. Gudang Garam Tbk belum melakukan komunikasi dengan pihak pemerintah terutama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang ada di wilayah. Agar Pemerintah daerah secepatnya memikirkan solusi atas permasalahan tersebut. Namun sampai saat ini belum ada pemberitahuan dari pihak PT Gudang Garam kepada Disnakertrans mengenai hal tersebut. 

“Lha itu, semestinya secepatnya dari pihak GG (PT Gudang Garam) melakukan komunikasi dan koordinasi dari pihak-pihak yang terkait dengan Program Pensiun Dini ini. Sementara dari pihak DPRD sendiri akan terus mendorong pemerintah daerah terutama melalui Disnakertrans untuk menginventarisasi para karyawan tadi agar tenaga kerja tersebut dapat teserap secara maksimal agar mereka tidak menjadi pengangguran, ” jelas Iskak Maulana, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri. rabu, (10/10).

Banyaknya jumlah karyawan yang memilih pensiun dini akan menjadikan pekerjaan baru Pemerintah Daerah terutama Dinas Tenaga Kerja di daerah untuk menuntaskan masalah lapangan pekerjaan. 

” Menjadi pengangguran itu pasti, dan itu akan menambah jumlah pengangguran di wiayah Kediri.” Tambahnya.

Ishak menambahkan, dampak negatif dari Program Pensiun Dini ini tidak akan dirasakan pada jangka waktu pendek oleh karyawan yang memilih program ini. Mengingat uang pensiun yang ditawarkan pada kontrak program nominalnya juga lumayan besar dan masih ditambah lagi dengan tunjangan yang lain yang belum tentu jumlahnya. (bimo)

Keterangan Gambar : Iskak Maulana, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri

RedaksiPolitikpensiun dini,pt. gudang garam
@dakitanews Kediri  - Program Pensiun Dini yang dilaksanakan PT Gudang Garam Tbk akan berdampak menambah jumlah pengangguran baru di wilayah Kediri. Jumlah Karyawan yang memilih pensiun dini terus bertambah. Dikhawatirkan program tersebut akan menambah angka pengangguran di Kabupaten Kadiri. Data terakhir yang dihimpun adakitanews.com, hingga Kamis (09/10) sore, total karyawan...