ADAKITANEWS, Blitar – Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online untuk SMA dan SMK akan dimulai serentak pada 3-6 Juli 2017 mendatang, termasuk di Blitar. Tetapi menurut Suhartono, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota dan Kabupaten Blitar, mulai 5-22 Juni 2017 calon siswa sudah bisa mengambil PIN atau token untuk mendaftar secara online.

“Pengambilan PIN atau token bisa dilakukan di SMA maupun SMK negeri di dekat domisili calon pendaftar. Pengambilan PIN atau token mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB,” kata Suhartono, Sabtu (03/06).

Ia mengungkapkan, untuk wilayah Kota Blitar hanya terdapat satu zona, yang terdiri, SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, dan SMAN 4. Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Blitar dibagi menjadi tiga zona. Zona satu terdiri SMAN 1 Kesamben, SMAN 1 Talun, dan SMAN 2 Garum. Zona dua terdiri SMAN 1 Kademangan dan SMAN 1 Sutojayan. Zona tiga terdiri SMAN 1 Srengat dan SMAN 1 Ponggok.

Para calon siswa hanya diperbolehkan memilih dua sekolah saat mendaftar secara online. Dua sekolah pilihan itu bisa dalam satu zona atau lintas zona. Misalkan, ada calon siswa yang mendaftar pilihan pertama di SMAN 1 Talun yang masuk zona satu. Lalu pilihan keduanya, calon siswa itu boleh mendaftar di SMAN 1 Kademangan.

“Kalau memilih sekolah di semua zona yang ada tidak boleh. Pembagian zona ini langsung dari Provinsi, tujuannya untuk pemerataan siswa di sekolah-sekolah pinggiran,” paparnya.

Sedangkan untuk pendaftaran di SMK, lanjut Suhartono, tidak menggunakan zona. Sebab, SMK memiliki syarat tertentu untuk ujian masuk sesuai dengan jurusan yang diambil. Syarat tertentu yang dimaksud yakni soal tinggi badan, berat badan, maupun tes buta warna. Jumlah SMK negeri di Kota Blitar ada tiga, sedangkan jumlah SMK negeri di Kabupaten Blitar ada enam.

“Kalau masuk SMA acuannya hanya nilai ujian nasional, nanti di rangking. Tapi kalau masuk SMK ada syarat lain yang harus diikuti berdasarkan jurusan yang diambil. Makanya tidak kami pakai sistem zona,” pungkasnya.

Suhartono menambahkan, setelah mendaftar secara online, pengumuman hasil pendaftaran akan dilakukan 7 Juli 2017. Bagi yang diterima harus melakukan daftar ulang yang dilakukan pada 7-8 Juli 2017. Siswa yang sudah daftar ulang mulai masuk sekolah pada 17 Juli 2017. “Keunggulan PPDB online SMA dan SMK kali ini bisa dipantau langsung provinsi,” ujarnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suhartono, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota dan Kabupaten Blitar.(ist)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/06/IMG-20170602-WA0039-1.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/06/IMG-20170602-WA0039-1-150x150.jpgREDAKSIPendidikanadakitaews,Berita,blitar,online,PPDB
ADAKITANEWS, Blitar - Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online untuk SMA dan SMK akan dimulai serentak pada 3-6 Juli 2017 mendatang, termasuk di Blitar. Tetapi menurut Suhartono, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota dan Kabupaten Blitar, mulai 5-22 Juni 2017 calon siswa sudah bisa mengambil PIN atau token...