ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pernyataan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah yang menyebut bahwa salah satu penyebab banjir adalah karena pendangkalan Sungai Ketapang, yang menjadi tempat pembuangan lumpur oleh Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS), langsung mendapat bantahan.

Dikonfirmasi Tim Adakitanews.com, Humas PPLS, Hengki Listria Adi menegaskan bahwa selama ini pihaknya tidak pernah membuang luberan lumpur ke Sungai Ketapang. Ia memastikan, bahwa sejak bernama Badan Pengendalian Lumpur Sidoarjo (BPLS) hingga berganti menjadi PPLS, pengaliran lumpur hanya dilakukan ke Sungai Porong.

“Mulai dari BPLS dan PPLS, dimana outlet pengaliran kami penanganan PPLS untuk mengendalikan lumpur ada di Sungai Porong semua. Lumpur sama sekali tidak ada yang kita alirkan ke Sungai Ketapang, dan kami juga melakukan pengamanan untuk mencegah keluarnya lumpur ke arah utara yang mengarah ke Sungai Ketapang,” tegasnya, Senin (19/02) malam.

Hal tersebut berbeda dengan keterangan yang disampaikan Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah saat jumpa pers di Pendopo Delta Wibawa, Senin (19/02) pagi. Bupati yang akrab disapa Abah Saiful itu menyebut, bahwa banjir yang selama ini melanda kawasan Jalan Raya Porong, wilayah Kecamatan Porong dan Tanggulangin adalah karena adanya Lumpur Lapindo.

Menurutnya, terjadinya banjir di wilayah tersebut selain faktor cuaca juga akibat Lumpur Lapindo, serta adanya pendangkalan Sungai Ketapang di Kecamatan Tanggulangin.

“Itukan juga tanggung jawabnya PPLS, dulu BPLS. Kan aliran sungainya lumpurnya kan lari kesitu, menjadi dangkal kan dari lumpur-lumpur itu,” ucapnya.

Sementara itu dari pantauan di lokasi banjir hingga Senin (19/02) malam, kondisi wilayah yang sejak beberapa hari mengalami banjir kini sudah berangsur surut.(sid3)

Keterangan gambar : ‎Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah saat jumpa pers, Senin (19/02).(ist)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/02/IMG_2505-1024x683.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/02/IMG_2505-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,banjir,Berita,bpls,lumpur lapindo,ppls,sidoarjo
ADAKITANEWS, Sidoarjo - Pernyataan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah yang menyebut bahwa salah satu penyebab banjir adalah karena pendangkalan Sungai Ketapang, yang menjadi tempat pembuangan lumpur oleh Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS), langsung mendapat bantahan. Dikonfirmasi Tim Adakitanews.com, Humas PPLS, Hengki Listria Adi menegaskan bahwa selama ini pihaknya tidak pernah membuang...