Proyektil Dan Ranjau Sisa Zaman Perang Belanda Ditemukan Di Kediri

22

Kediri(adakitanews.com)—Warga di Dusun Jarak Kidul Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri dihebohkan dengan penemuan benda bahan peledak.

Bahan peledak jenis proyektil dan ranjau darat itu ditemukan di kebun pekarangan milik Kasa’i (65) warga setempat, Sabtu sore (11/1/2020).

“Benda bahan peledak itu ditemukan sejak dia hari yang lalu jenis proyektil dan ranjau darat,” turut Kasi Humas Polsek Plosoklaten Bripka Mayanto Fajar, Senin (13/1/2020).

Diungkapkan Bripka Mayanto, benda sisa zaman perang Belanda itu di temukan oleh M. Rifa’i (saksi) bersama dua orang lainnya, Ahmad Saeroji dan Suyatno menggali tanah untuk tanah uruk.

Saat mencangkul, ternyata mengenai benda keras yang diduga terbuat dari besi. Dua benda tersebut dalam kondisi berkarat, mereka pun mencoba mencangkul di lokasi lain.

“1 benda berbentuk bulat dan 1 benda lainnya berbentuk lonjong,” beber Kasi Humas.

Mereka pun segera memeriksa dan menduga bahwa benda tersebut adalah proyektil dan ranjau. Karena diduga masih aktif, kedua benda tersebut di pindahkan ke tepi sungai.

“Saksi ini curiga kalau benda yang ditemukannya adalah bom. Mereka melapor ke Kasun dan diteruskan ke pihak kepolisian,” ungkap Bripka Mayanto.

Petugas Plosoklaten, Identifikasi Mapolres Kediri, Koramil Plosoklaten dan petugas Jibom dari Brimob Kompi 1 Yon C Pelopor Sat Brimob Polda Jatim melakukan evakuasi dua benda tersebut.

Hasil pemeriksaan, dua buah benda, satu jenis proyektil dengan ukuran panjang 29,5 sentimeter dan diameter 9,5 sentimeter, satu benda lainnya jenis ranjau darat dengan ukuran diameter 18,5 sentimeter dan tinggi 7 sentimeter.(gar).