Untitled@dakitanews Kediri – Berlebel perusahaan internasional ternyata tidak membuat PT. Koreana Seed Indonesia mematuhi aturan ketenagakerjaan. Hal ini disampaikan koordinator Persatuan Pergerakan Buruh Indonesia (PPBI) Jawa Timur, Daniel di kediamannya Desa Tawang, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri.

“Hari ini kita (PPBI) sedang mengawal buruh-buruh PT. Koreana Seed Indonesia untuk mendapat hak-haknya yang selama ini tidak diberikan perusahaan,” Jelasnya pada Senin siang (13/10).

Ia menjelaskan banyak aturan yang tidak dipatuhi oleh perusahaan. Diantaranya pemenuhan kuota 20% karyawan yang seharusnya berasal dari desa tersebut. Kemudian anggaran CSR yang tidak pernah direalisasi.

“Seharusnya CSR (Corporate Social Responsibility), yakni anggaran 20% yang berasal dari laba itu dipergunakan untuk melakukan pembangunan di wilayah tersebut, tapi selama ini tidak pernah ada. Selain itu Jaminan Kesehatan BPJS juga tidak disediakan padahal di perusahaan manapun ini harus ada,” kata Daniel.

Menurut data dari Kantor Penanaman Modal Kabupaten Kediri, perseroan yang didirikan pada tahun 1995 bergerak di bidang penelitian agrikultural. Sejauh ini perusahaan yang berada di Dusun Bendorejo, Desa Tawang, Kecamatan Wates telah berkiprah di pasar ekspor melalui pengembangan dan penyediaan bibit varietas buah-buahan dan sayuran.

Saat ini ada sekitar dua ratusan karyawan telah bekerja di perusahaan tersebut. Dari data PPBI mayoritas adalah karyawan kerja lepas yang tentu saja tidak menerima gaji sesuai UMR Kabupaten Kediri. “Malah ada yang sudah lima belas tahun bekerja di sana, tapi saat ini masih sebagai karyawan lepas yang hanya diberi Tunjangan Hari Raya sebesar delapan puluh ribu, bayangkan,” tegasnya. (kunam)

Keterangan Gambar : Daniel saat di rumahnya

RedaksiUncategorizedPT Koreana Seed Indonesia
@dakitanews Kediri – Berlebel perusahaan internasional ternyata tidak membuat PT. Koreana Seed Indonesia mematuhi aturan ketenagakerjaan. Hal ini disampaikan koordinator Persatuan Pergerakan Buruh Indonesia (PPBI) Jawa Timur, Daniel di kediamannya Desa Tawang, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. “Hari ini kita (PPBI) sedang mengawal buruh-buruh PT. Koreana Seed Indonesia untuk mendapat hak-haknya...