ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kalau umumnya kegiatan parenting diadakan untuk para ibu, kali ini Dinas Pendidikan Kota Kediri mengadakan parenting untuk para ayah, di Hotel Lotus Garden, Selasa (05/12).

Acara yang mengambil tema, Peran Ayah Dalam Pendidikan dan Pengasuhan Anak Usia Dini, Dalam Rangka Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini itu, dihadiri oleh puluhan ayah, selaku wali murid dari berbagai sekolah usia dini di Kota Kediri.

Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Kota Kediri, Agus Suharmaji mengatakan, ayah memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga. Salah satunya peran seorang ayah saat berada di rumah, dan menjadi teladan dalam menjalankan ibadah.

“Jadi survei membuktikan, berdoa bersama itu lebih mustajabah. Jadi usahakan bagi ayah, membudayakan berdoa bersama dengan keluarganya,” ujarnya.

Selain berdoa, Agus juga menjelaskan pentingnya memberikan ucapan selamat kepada buah hati, serta yang tidak kalah penting adalah membiasakan pamit ketika hendak pergi.

Sementara itu hadir sebagai narasumber seminar, Yusron Aminulloh, yang merupakan Master Trainer MEP (Menebar Energi Positif), pendiri rumah belajar MEP di Jombang, sekaligus adik kandung budayawan, MH Ainun Najib.

Dalam pemaparannya, Yusron menekankan pentingnya peran ayah dalam mendidik dan membangun karakter anak. “Peran ayah itu sangat penting dalam membangun keberanian. Dan peran ibu, sebagai pelembut hati seorang anak,” katanya.

Pria yang juga merupakan mantan wartawan senior itu mengatakan, selama ini peran mendidik oleh ayah sangat minim sekali. “Ayah itu selama ini memang sibuk bekerja dan lain-lain. Sehingga dikira, pendidikan adalah urusan ibu. Padahal tidak bisa. Pendidikan itu harus kedua-duanya (ayah dan ibu) agar seimbang,” katanya.

Yusron mengaku, mengapresiasi seminar yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Kediri tersebut. Sering kali, katanya, ayah memberikan pendidikan kepada anak berdasarkan apa yang telah didapat dari orang tuanya, saat ia masih kecil.

Dengan seminar ini, diharapkan ayah memiliki referensi lain bagaimana cara mendidik anak secara benar, sekaligus menyeimbangkan peran mendidik antar ayah, ibu serta guru.(kdr1/kur)

Keterangan gambar : Yusron Aminulloh saat menyampaikan materi parenting.(foto: muchlis ubaidhillah)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/051217-kdr1-kediri-parenting-1-1024x683.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/051217-kdr1-kediri-parenting-1-150x150.jpgREDAKSIPendidikanadakitanews,ayah,Berita,kediri,parenting,pendidikan anak usia dini
ADAKITANEWS, Kota Kediri - Kalau umumnya kegiatan parenting diadakan untuk para ibu, kali ini Dinas Pendidikan Kota Kediri mengadakan parenting untuk para ayah, di Hotel Lotus Garden, Selasa (05/12). Acara yang mengambil tema, Peran Ayah Dalam Pendidikan dan Pengasuhan Anak Usia Dini, Dalam Rangka Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini itu,...