ADAKITANEWS, Kota Blitar – Puluhan pelajar terlihat dikumpulkan di Mako Satpol PP Kota Blitar untuk mendapatkan hukuman, Kamis (11/01). Para pelajar ini, diketahui terjaring razia saat bolos sekolah di waktu efektif kegiatan belajar mengajar.

Sekretaris Satpol PP Kota Blitar, Hariyanto mengatakan, pihaknya telah melakukan patroli rutin untuk mengetahui adanya pelajar yang bolos sekolah saat jam efektif kegiatan belajar mengajar. Setelah melakukan penyisiran di beberapa tempat seperti cafe atau warung, rental Playstation, dan tempat bermain, ternyata dijumpai anak pelajar SMP maupun SMA.

“Untuk jumlahnya sekitar 36 anak. Mereka langsung kita bawa ke Mako Satpol PP untuk diadakan pembinaan. Dalam pembinaan ini kita juga menghadirkan pihak Dikda, sekolah, dan orang tua,” kata Hariyanto.

Hukuman yang diberikan, lanjut Hariyanto, berupa push up, dan hormat kepada bendera merah putih untuk memberikan efek jera. Menurutnya, saat razia ada yang ketahuan merokok. Namun waktu digeledah pihaknya tidak menemukan barang yang mengarah ke narkoba.

“Para pelajar ini juga kita suruh menghafal pancasila. Namun mereka tidak kita perbolehkan pulang, jika bukan orang tuanya sendiri yang menjemputnya,” pungkasnya.

Hariyanto juga mengimbau kepada para pengusaha warung atau cafe, untuk menegur atau tidak menerima tamu pelajar saat jam-jam efektif kegiatan belajar. “Para pengusaha ini juga kita imbau untuk tidak hanya mengejar untung, tetapi juga melarang pelajar datang saat jam sekolah,” imbuhnya.

Sementara itu, menanggapi hal anggota Komisi I DPRD Kota Blitar, Nuhan Eko Wahyudi mengatakan, ditemukannya anak bolos sekolah ini menunjukkan tingkat kedisiplinan anak yang kurang maksimal. Maka dari itu, pihaknya meminta Dinas Pendidikan dan seluruh steakholder baik itu guru maupun orang tua untuk bersama-sama mengontrol anaknya saat di sekolah.

“Sekarang kan sudah ada teknologi yang mumpuni. Jadi pengawasan kepada anak saat di sekolah maupun luar sekolah bisa dimaksimalkan. Saya juga yakin guru sekarang lebih terbuka terhadap orang tua dengan adanya teknologi saat ini,” pungkasnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana puluhan pelajar bolos sekolah saat dihukum di Mako Satpol PP Kota Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/01/110118-fat-blitar-pelajar-bolos-1-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/01/110118-fat-blitar-pelajar-bolos-1-150x150.jpgREDAKSIPendidikanadakitanews,Berita,blitar,bolos,pelajar
ADAKITANEWS, Kota Blitar - Puluhan pelajar terlihat dikumpulkan di Mako Satpol PP Kota Blitar untuk mendapatkan hukuman, Kamis (11/01). Para pelajar ini, diketahui terjaring razia saat bolos sekolah di waktu efektif kegiatan belajar mengajar. Sekretaris Satpol PP Kota Blitar, Hariyanto mengatakan, pihaknya telah melakukan patroli rutin untuk mengetahui adanya pelajar...