ADAKITANEWS, Tulungagung – Angin puting beliung melanda kawasan Dusun Krajan Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol, Senin (04/12). Akibat kejadian itu, puluhan rumah warga di RT 10/RW 04 mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian sementara diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut penuturan warga, puting beliung terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Angin kencang yang datang dari arah barat dan utara, di saat yang sama kondisi awan menghitam disertai gerimis.

“Saat itu angin bertiup dari dua arah, dari barat dan utara yang datangnya dari areal persawahan. Datangnya kencang sekali dan membentuk pusaran, bagian atasnya lebar,” kata Bondan Karyono, salah seorang warga yang menjadi korban puting beliung.

Pria berusia 38 tahun itu mengatakan, ketika terjadi puting beliung dirinya berada halaman, karena akan bepergian bersama anaknya. Sementara istrinya yang sedang mengandung, berada di dalam rumah.

Melihat kejadian itu, ia menyuruh istrinya untuk keluar. Meski istrinya berhasil keluar rumah, namun sempat tertimpa reruntuhan atap yang terbuat dari asbes hingga bagian kakinya terluka. Sementara tetangganya sudah berhamburan keluar rumah sambil berteriak kepada tetangga yang lain untuk segera keluar rumah.

“Suasananya mencekam dan kacau. Di saat warga panik, terlihat genteng dan asbes yang berasal dari atap rumah beterbangan,” ujar Bondan.

Anton, yang juga warga Dusun Krajan mengaku puting beliung terjadi sekitar 10 menit. Selama itu, rumah warga menjadi sasaran termasuk SDN 1 Junjung. “Anginnya berputar. Tinggi sekitar 20 meter. Setelah reda, baru hujan deras,” katanya.

Sementara itu, Camat Sumbergempol, Galih Nusantoro menyatakan berdasar data sementara, jumlah rumah warga yang rusak ada sekitar 30 rumah. “Sementara data yang masuk ada 30 rumah yang rusak. Rata-rata mengalami kerusakan pada atap. Tapi kami masih mendata, kemungkinan masih ada lagi rumah warga yang belum masuk data,” katanya.

Lanjut Galih, setelah didata, pihaknya bersama warga akan bekerja bakti membersihkan rumah warga. Genteng dan asbes yang pecah diperbaiki, begitu juga kerusakan lainnya. “Kita kerahkan tim dari BPBD, Polisi, TNI, Satpol PP, Staf Kecamatan dan perangkat Desa serta warga, kita libatkan semua,” ujarnya.

“Total kerugian, belum dapat kita hitung secara pasti. Namun diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Nanti warga yang mengalami musibah akan mendapatkan bantuan material dari BPBD,” pungkasnya.(ta1)

Keterangan gambar : Rumah warga yang rusak disapu puting beliung.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/041217-ta1-tulungagung-puting-beliung-1-1024x573.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/041217-ta1-tulungagung-puting-beliung-1-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,puting beliung,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Angin puting beliung melanda kawasan Dusun Krajan Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol, Senin (04/12). Akibat kejadian itu, puluhan rumah warga di RT 10/RW 04 mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian sementara diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Menurut penuturan warga, puting beliung terjadi sekitar...