PWI Kediri Bagi Ratusan Masker dan Hand Sanitizer

6

Kediri(adakitanews.com)—Masker dan hand sanitizer ( pembersih tangan) menjadi kebutuhan penting saat wabah pandemi virus corona atau Covid 19, seperti sekarang ini. Namun, sebagian besar masyarakat mengeluh sulit mencari barang tersebut mulai di apotek hingga supermarket.

Informasi dihimpun, menyebutkan sejak awal tahun 2020 terjadi kelangkaan masker dan hand sanitazer di sejumlah daerah termasuk di wilayah Kediri. Atas dasar persoalan inilah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri, tergugah dan kembali meggelar kegiatan Baksos Pembagian Masker dan Hand Sanitizer.

Kegiatan yang dikemas dalam ranka Hari Pers Nasional (HPN) 2020 dan bertajuk Cegah Virus Corona Mulai Dari Diri Kita, Jaga Kesehatan dan Biasakan Menggunakan Masker ini digelar di simpang empat Jl. Dhoho Kota Kediri. Acara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Para wartawan membagikan ratusan masker setiap lampu merah selama 30 detik, sambil berorasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. Jika lampu lalu lintas berubah hijau, mereka pun menepi agar tidak mengganggu jalanya arus lalu lintas.

Para pengguna jalan terlihat sangat antusias. Mereka juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para anggota PWI Kediri. “ terima kasih, mas,” begitu ucap para pengguna jalan saat menerima sebuah masker dan hand sanitizer.

“ Kegitan ini (pembagian masker dan hand sanitizer-red) kami adakan yaitu sebagai bentuk peduli kesehatan dan aksi serta upaya turut serta mendukung pemerintah daerah dalam melakukan pencegahan pandemi virus corona di wilayah Kediri, “ jelas Setiawan, selaku Ketua HPN 2020, saat ditemui disela- sela kegiatan Baksos tersebut berlangsung, Minggu, (22/3/20).

Sejatinya, kata Setiawan lebih lanjut, usai melaksanakan Baksos Pembagian Paket Sembako dan Penggobatan Gratis, pekan lalu, agenda rangkainan kegiatan HPN 2020 selanjutnya yakni Eksibisi Futsal. Namun dibatalkan.

“ Untuk acara Eksibisi Futsal, terpaksa kami batalkan. Karena, menginggat situasi terkini Perkembangan dampak virus corona, yang kian memprihatinkan. Sebagai penggantinya, kami adakan kegiatan Baksos pembagian masker dan hand sanitizer, ” ujarnya

Di lokasi yang sama, hal senada diungkapkan ketua PWI Kediri, Mega Wulandari. Dia mengatakan dengan digelarnya aksi ini masyarakat bisa lebih bisa menjaga diri dan meningkatkan kewaspadaan terhadap pandemi virus corona.

” Misi kami membagi masker dan hand sanitizer ini secara gratis di perempatan jalan Dhoho ini adalah simbolis untuk menyampaikan pesan bahwa Melalui selembar masker, kita berusaha mengingatkan dan berharap kepada masyarakat untuk menyayangi dan menjaga diri dan keluarganya dari ancaman virus Corona atau Covid-19, ” tuturnya.

Selain itu, menurut Mega,sapaan akrab Mega wulandari, aksi ini hanyalah soal rasa. Bagaimana PWI Kediri ingin menggugah empati para pihak yg memiliki kapasitas lebih, baik secara financial maupun kebijakan. Bahwa masyarakat butuh sentuhan nyata untuk membuat mereka merasa nyaman dan aman, meskipun dalam ancaman Covid’19.

“ Ini bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat. Jadi peran media bukan hanya sebagai menyampaikan update terkini tentang Covid-19, namun juga ikut terjun langsung untuk membantu menghambat penyebaran virus ini,” pungkasnya.(gar).