2016-03-26_15.35.07ADAKITANEWS, Madiun – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun segera menyiapkan formula khusus mengantisipasi wacana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) merasionalisasi PNS berpendidikan dibawah atau setara SMA. Untuk itu, Pemkot Madiun memberikan pinjaman lunak kepada PNS berpendidikan SLTA/ sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Bambang Irianto mengatakan, pihaknya akan memberikan pinjaman lunak dengan bunga 6%. Menurutnya, hal ini agar Kota Madiun terhindar dari rasionalisasi PNS. Pasalnya, jika hal itu tidak dilakukan, Pemkot Madiun terancam kehilangan sebanyak 1.074 pegawai yang masuk daftar pensiun dini, karena hanya berijazah SMA. “Saya maunya PNS saya pintar. Jadi mereka biar sekolah lagi (kuliah.red), saya kasih bunga 6 persen, kan enak,” ujar Walikota Madiun Bambang Irianto, Sabtu (26/03).

Ia mengaku keberatan wacana itu direalisasikan, selain berpotensi menimbulkan gejolak, diyakini beban kerja PNS makin berat. Untuk itu, Walikota menyarankan, bagi PNS lingkup Pemkot Madiun akan melanjutkan kuliah, harus sesuai dengan jobdesk atau jabatan masing-masing.

“Jadi besarannya pinjaman, berapapun saya beri, terutama bagi PNS lulusan SMA. Mereka biar bisa S-1. Jadi jurusannya, harus dilihat jobnya masing-masing. Dia kerjanya bidang apa, ya, kuliahnya di bidang itu,” ujarnya.

Lebih lanjut Bambang Irianto menjelaskan, fasilitas pinjaman lunak untuk kuliah tersebut diprioritaskan bagi PNS berusia 35-45 tahun. Rentang usia tersebut sengaja dipilih karena masih memiliki masa kerja cukup lama sesuai UU Aparatur Sipil Negara (ASN) atau sebelum pensiun di usia 58 tahun. “Saya kira usia itu paling pas, untuk PNS ingin kuliah,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah berencana melakukan rasionalisasi PNS secara bertahap. Dari total PNS secara nasional 4,517 juta nantinya akan menjadi 1,3 juta. Mereka terkena rasionalisasi akan dipensiun dinikan dan mendapat pesangon untuk modal usaha. Namun, besarannya pesangon saat ini masih menjadi pembahasan di kementerian terkait.(UK/zay)

Keterangan Gambar : Walikota Madiun Bambang Irianto

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/03/2016-03-26_15.35.07.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/03/2016-03-26_15.35.07-150x150.jpgREDAKSIDaerahpensiun dini,pinjaman lunak,pns,rasionalisasi PNS Kota Madiun
ADAKITANEWS, Madiun - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun segera menyiapkan formula khusus mengantisipasi wacana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) merasionalisasi PNS berpendidikan dibawah atau setara SMA. Untuk itu, Pemkot Madiun memberikan pinjaman lunak kepada PNS berpendidikan SLTA/ sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Bambang Irianto mengatakan, pihaknya...