gedung SD Rusak Jombang 3 gedung SD Rusak Jombang 1@dakitanews Jombang – Meski pemerintah terus mengucurkan anggaran untuk sektor pendidikan, namun masih saja ada sekolah rusak. Bahkan di Kabupaten Jombang terdapat 363 gedung SD (Sekolah Dasar) kondisinya rusak berat.

“Sekolah yang kondisinya rusak masih banyak di Jombang. Saat ini terdapat 363 ruangan SD kondisinya rusak. Makanya, tahun ini anggaran rehab gedung SD sebesar Rp 14 miliar lebih, dan untuk SMP sekitar Rp 7 miliar,” ungkap Ahmad Rofiq Kasi Sarana Prasarana Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jombang, Kamis (9/10/2014).

Anggaran milyaran untuk perbaikan gedung itu, lanjut Rofiq, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan juga dana pendamping dari APBD kabupaten. Namun demikian, penyelesaikan ratusan ruangan rusak itu tidak bisa ditarget setahun. Akan tetapi direncanakan bertahap hingga 2017 mendatang.

Rofiq menambahkan, kondisi gedung atau ruang dikatakan rusak berat apabila kerusakan itu telah mencapai 45 persen hingga 65 persen dari kondisi seluruh ruangan. Sedangkan disebut rusak ringan jika kondisi bangunan mengalami kerusakan sebesar 30 persen. “Untuk rusak sedang, kondisi kerusakan itu mencapai 30 hingga 45 persen,” ujarnya.

Disamping 363 ruang atau gedung SD yang mengalami rusak berat, Rofiq mengungkapkan masih ada sebanyak 242 gedung yang masuk kategori mengalami rusak ringan. Sehingga total yang mengalami kerusakan itu sebanyak 606 ruang. “Rehab yang kita lakukan masih 26 gedung,” tambahnya.(Hanif/Jati).

Keterangan Gambar : Kondisi gedung SD yang rusak parah

RedaksiPendidikangedung,sekolah
@dakitanews Jombang - Meski pemerintah terus mengucurkan anggaran untuk sektor pendidikan, namun masih saja ada sekolah rusak. Bahkan di Kabupaten Jombang terdapat 363 gedung SD (Sekolah Dasar) kondisinya rusak berat. 'Sekolah yang kondisinya rusak masih banyak di Jombang. Saat ini terdapat 363 ruangan SD kondisinya rusak. Makanya, tahun ini...