ITA1@dakitanews Nganjuk – Gerakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebagai salah satu indikator dari perilaku hidup bersih dan sehat menjadi komitmen dunia dan merupakan agenda nasional yang tertuang dalam strategi nasional sanitasi berbasis masyarakat. Karena itu Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk Dra Hj Ita Triwibawati Ak Msi dalam kapasitasnya sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kamis (16/10) bersama ratusan anak usia dini menggelar kegiatan cuci tangan.

Cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku sederhana namun berdampak luar biasa, akan tetapi masih sulit dilakukan dalam kehidupan sehari – hari. Karena itu Pemkab Nganjuk melalui anak usia dini mengajak warga untuk membudayakan gerakan cuci tangan dengan sabun sebagai bagian pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Yang menarik, ketika terjadi dialog antara Ita Triwibawati dengan murid – murid PAUD. “Hari ini kita sedang melakukan kegiatan apa anak-anak,” tanya istri Bupati Nganjuk itu kepada ratusan murid-murid PAUD. “Cuci tangan pakai sabun seharian bu,” jawab beberapa murid PAUD dengan lantang dan langsung mengundang gelak tawa seluruh yang hadir di Balai Kelurahan Jatirejo.

Setelah melakukan dialog dengan para murid PAUD, Ita Triwibawati membimbing anak-anak yang baru berusia sekitar 4 tahun itu mencuci tangan pakai sabun dengan benar. Lagi-lagi kejadian lucu terjadi, anak yang berasal dari berbagai PAUD di Nganjuk tersebut berebut kran yang telah disediakan panitia.

Ita Triwibawati yang juga istri Bupati drs Taifiqurrahman itu menjelaskan, kebiasaan cuci tangan pakai sabun sering dianggap sepele oleh masyarakat, namun ternyata memiliki manfaat yang sangat penting yakni dapat mencegah penyakit. Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu sarana yang paling murah, mudah, dan efektif untuk mencegah penularan penyakit seperti diare, tifus dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Saat ini banyak sekali penyakit menular yang terjangkit di masyarakat karena sanitasi yang buruk. Karena itu saya mengajak masyarakat untuk mencuci tangan pakai sabun sebagai upaya pencegahan penyakit menular,” pungkas Ita Triwibawati usai menggelar acara gerakan cuci tangan pakai sabun bersama murid-murid PAUD.

Dalam kegiatan cuci tangan pakai sabun tersebut, nampak hadir mendampingi Ita Triwibawati, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Dra Widyasti Sidhartini MSi dan Kepala Dinas Kesehatan Sugeng Budi W, SKM, MM.(Jati/adv)

Keterangan Gambar : anak-anak saat mempraktikan Gerakan cuci tangan pakai sabun (CTPS)

RedaksiKesehatangerakan cuci tangan
@dakitanews Nganjuk - Gerakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebagai salah satu indikator dari perilaku hidup bersih dan sehat menjadi komitmen dunia dan merupakan agenda nasional yang tertuang dalam strategi nasional sanitasi berbasis masyarakat. Karena itu Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk Dra Hj Ita Triwibawati Ak Msi dalam kapasitasnya...