ADAKITANEWS, Kota Kediri – Umat Hindu di Kota Kediri menggelar upacara Tawur Agung Kesanga, menjelang perayaan Nyepi tahun baru Saka 1940, di simpang Sekartaji Kota Kediri, Jumat (16/03) sore.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Kediri, Komang Kusuma Yudana mengatakan, tahun baru Saka 1940 yang juga bertepatan dengan penyelenggaraan Pilkada serentak, umat Hindu khususnya di Kota Kediri berharap ajang Pilwali Kota Kediri dan Pilgub Jatim 2018, bisa berjalan dengan damai, aman, serta membawa manfaat bagi seluruh masyarakat.

“Karena tahun ini bertepatan dengan penyelenggaraan Pemilu, kami, umat Hindu berharap Pemilu bisa berjalan dengan lancar. Siapapun nantinya pemimpinnya, akan kami dukung,” katanya di sela-sela acara.

Tampak seluruh umat Hindu yang hadir, baik orang dewasa maupun anak-anak, khusyuk memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar diberikan keselamatan dan kesejahteraan di tahun ini. Ada pula beberapa anggota TNI dengan masih berpakaian dinas, duduk bersila di sisi panggung dan menyempatkan diri ikut dalam upacara.

Masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum perayaan Nyepi, umat Hindu di Kota Kediri mengelar upacara adat Tawur Agung Kesanga, untuk kesejahteraan alam dan lingkungan. Ogoh-ogoh yang merupakan sebagai simbol sifat jahat, juga tampak diarak oleh ratusan umat Hindu yang hadir.

Seluruh warga Kota Kediri, juga terlihat memenuhi sisi-sisi jalan sepanjang arak-arakan. Mereka ingin menyaksikan tradisi upacara Tawur Agung Kesanga, yang sarat dengan nilai-nilai religi serta kebudayaan bagi umat Hindu.

Aisah, salah satu warga menuturkan, baru pertama kali melihat upacara adat umat Hindu. Ia mengaku kagum dengan kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama di Kota Kediri. “Ini baru pertama kali melihat ogoh-ogoh,” ujanrnya.

Upacara Tawur Agung Kesanga menjelang perayaan Nyepi tahun baru saka 1940 di Kota Kediri tersebut, juga dihadiri oleh beberapa pejabat dari unsur pemerintah daerah, TNI, dan Polri.(kur)

Keterangan gambar: Upacara Tawur Agung Kesanga menjelang Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1940.(foto: kurniawan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/160318-kur-kediri-nyepi-1-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/160318-kur-kediri-nyepi-1-150x150.jpgREDAKSISpiritualadakitanews,Berita,kediri,nyepi,ogoh-ogoh,tawur agung kesanga
ADAKITANEWS, Kota Kediri – Umat Hindu di Kota Kediri menggelar upacara Tawur Agung Kesanga, menjelang perayaan Nyepi tahun baru Saka 1940, di simpang Sekartaji Kota Kediri, Jumat (16/03) sore. Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Kediri, Komang Kusuma Yudana mengatakan, tahun baru Saka 1940 yang juga bertepatan dengan penyelenggaraan...