Petugas sita BB penambang Pasir-1Petugas datangi lokasi penambang-1

ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak 3 unit mesin penyedot pasir berhasil disita oleh petugas kepolisian Polres Blitar di area penambangan pasir sungai Brantas di Desa Jimbe Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Jumat, (26/06). Diduga ada aknum aparat keamanan yang menjadi beking para penambang liar tersebut, meski acapkali dilakukan operasi, para penambang itu tidak pernah jera.

Rumor yang berkembang, para penambang pasir itu juga menjadi mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) beberapa oknum, hingga waktu tertentu. Mereka harus setor upeti. Besar upeti yang disetorpun bervariasi sesuai dengan besar perolehan untung mereka dari usaha ilegal dan merusak lingkungan tersebut.

” Dari operasi ini kami berhasil mengamankan 3 unit mesin penyedot pasir,untuk pemiliknya kuat dugaan kabur setelah mengetahui kedatangan kami,” terang AKP Mucthar selaku Perwira Pengendali yang juga sebagai Kabag Sarpras saat Operasi tambang Pasir ilegal.

Operasi ini dilakukan setelah pihak kepolisian mendapat informasi dari masyarakat jika di wilayah Kecamatan Kademangan masih sering dijadikan lahan tambang pasir dengan menggunakan mesin penyedot atau mekanik.

“Dari laporan tersebut kita langsung melakukan pengrebekan dan berhasil mengamankan mesin penyedot pasir, kami akan terus awasi jika hal ini berulang kami akan tindak tegas. Selain itu kami harap masyarakat aktif melakukan kontrol jika hal ini dalam waktu dekat terulang segera laporkan. ” ungkap AKP Muchtar.

Saat digrebek petugas mengetahui pemilik dan pekerjanya, namun saat didekati kawanan penambang ini langsung kabur meninggalkan barang-barangnya dengan hanya menggunakan celana dalam saja.

“Yang berhasil kami amankan antara lain mesin penyedot pasir, 1 unit truk beserta alat-alat material, serta 2 unit sepeda motor,” imbuh AKP Muchtar.

Guna mengamakan barang bukti pihak kepolisian akhirnya membawa semua barang bukti ke Mapolres Blitar guna proses penyidikan lebih lanjut. (wir/jati)

Keterangan Gambar foto : Petugas datangi lokasi penambang pasir dan melakukan penitaan BB penambang

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/06/Petugas-sita-BB-penambang-Pasir-1.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/06/Petugas-sita-BB-penambang-Pasir-1-150x150.jpgRedaksiDaerahblitar,brantas,pasir,razia,sungai,tambang
ADAKITANEWS, Blitar - Sebanyak 3 unit mesin penyedot pasir berhasil disita oleh petugas kepolisian Polres Blitar di area penambangan pasir sungai Brantas di Desa Jimbe Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Jumat, (26/06). Diduga ada aknum aparat keamanan yang menjadi beking para penambang liar tersebut, meski acapkali dilakukan operasi, para penambang...