images@dakitanews Kediri – Program Pensiun Dini yang lebih dikenal dengan istilah “Program Pensiun Plus” oleh sebagian besar karyawan PT Gudang Garam (GG) Tbk, akhir-akhir ini telah menarik simpati dari berbagai kalangan. Perhatian itu datang dari masyarakat umum, aktivis buruh, sesama buruh, Pemda Kabupaten dan Kota Kediri sampai dengan Pemda Provinsi Jawa Timur.

Banyaknya jumlah buruh atau karyawan yang memilih Program Pensiun Dini inilah yang membuat banyak kalangan menaruh simpati.

Perusahaan berdalih bahwa keadaan seperti ini adalah akibat dari regulasi ketat yang mengatur industri rokok di Indonesia. Terakhir, banyak sekali opini dan asumsi-asumsi yang terbangun dimasyarakat salah satunya adalah tolakan atas alasan dari perusahaan mengenai aturan atau regulasi.

“Bukan akibat regulasi, itu memang sudah menjadi agenda tahunan dari perusahaan untuk mengurangi jumlah karyawan, apalagi perusahaan sebesar itu karyawan mau tidak mau juga harus terima nasib. Pilihannya adalah memilih pensiun biasa atau program pensiun yang banyak menawarkan keuntungan tapi belum jelas juga keuntungannya”, ujar Daniel, Koordinator PPBI (Persatuan Pergerakan Buruh Indonesia) Jawa Timur. (13/10).

Daniel mengatakan, program pensiun dini sangat merugikan para buruh, terutama untuk kepentingan buruh jangka panjang. Sebab menurut Daniel, para buruh yang mendapat program pensiun dini akan kehilangan mata pencaharian secara permanen. Untuk mengembangkan usaha dari modal yang diterima, bukanlah hal yang mudah. Namun para buruh tersebut tidak memiliki keberanian kuat untuk menentang kebijakan perusahaan.

“Pilihan program itu sebenarnya merugikan untuk jangka panjang, tetapi karyawan juga tidak memiliki keberanian untuk menolak”, jelasnya.

Daniel menambahkan, buruh atau karyawan yang telah mengabdikan hampir separuh hidupnya diperusahaan tanpa mengenal waktu dan dipekerjakan seperti robot akhirnya harus puas untuk memilih jalan pensiun dini. “Ini wujud ketidak berdayaan para buruh untuk membela nasibnya sendiri, pungkas Daniel.(bimo)

Keterangan Gambar : Para buruh PT. Gudang Garam Tbk.

RedaksiDaerahpensiun dini,pt gudang garam tbk
@dakitanews Kediri - Program Pensiun Dini yang lebih dikenal dengan istilah “Program Pensiun Plus” oleh sebagian besar karyawan PT Gudang Garam (GG) Tbk, akhir-akhir ini telah menarik simpati dari berbagai kalangan. Perhatian itu datang dari masyarakat umum, aktivis buruh, sesama buruh, Pemda Kabupaten dan Kota Kediri sampai dengan Pemda...