Rusunawa di Kota Blitar Belum Terisi Penuh

1333

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Sejak diresmikan pada tahun 2015 lalu, tingkat hunian di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang terletak di Kelurahan Jati Kecamatan Sukorejo Kota Blitar tak juga penuh. Tampak beberapa ruangan kosong tanpa penghuni.

Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar, Erna Santi mengatakan, berdasarkan hasil monitoring sampai saat ini, tingkat hunian di rusunawa baru mencapai 80,85 persen dari total hunian 270 kamar. “Ada 218 kamar atau ruangan yang sudah dihuni,” katanya kepada Tim Adakitanews.com, Jumat (24/03).

Lanjut Erna, dari tiga twin blok bangunan rusunawa, satu twin blok sisi barat yang mulai digunakan tahun 2016 lalu masih banyak yang kosong dan belum terisi. Sebagian ruangan juga masih belum siap untuk dihuni karena proses pembenahan yang belum selesai.

“Sekitar 50 ruang belum terisi, karena sebagian warga sudah pindahan dari rusunawa. Mereka pindah, karena sudah mampu membeli rumah sendiri,” jelasnya.

Meski demikian, Pemerintah Kota Blitar menargetkan tingkat hunian di rusunawa bisa mengalami peningkatan, meski akan sengaja disisakan beberapa ruangan untuk mengantisipasi jika terjadi kerusakan. Sehingga penghuni rusunawa bisa melakukan perpindahan ruangan.

“April Insyaallah akan meningkat. Selain itu beberapa ruangan sengaja kita kosongi. Ya buat spare part lah. Kalau rusak mereka bisa pindah ruangan,” tutur Erna.

Perlu diketahui, dua bangunan twin blok Kota Blitar di sisi timur diresmikan dan mulai digunakan sejak tahun 2015. Sementara untuk 1 twin blok paling barat mulai digunakan awal tahun 2016 lalu.(blt1)

Keterangan gambar: Rusunawa Kota Blitar.(foto:glorian)