245253_02565702042014_LOGO-PANWASLU@dakitanews Kediri – Dengan disahkannya RUU Pilkada, berdampak besar bagi Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) seluruh Indonesia. Pasalnya dengan adanya RUU yang mengatur pemilihan kepala daerah melalui DPRD ini, kemungkinan Panwaslu akan terancam dibubarkan.Selain itu, peluang transaksi dalam pilkada akan merajalela.

Sesuai tugasnya, Panwaslu hanya bersifat sementara dalam mengawasi jalannya pemilihan langsung oleh rakyat. Namun dengan adanya RUU Pilkada ini seluruh Panwalsu di Indonesia terancam akan dibubarkan. Seperti halnya Panwaslu di Kabupaten Kediri yang kemungkinan besar akan di pensiunkan pada akhir bulan Desember mendatang.

Padahal untuk mempersiapkan Pemilu Bupati bulan Mei tahun depan, Panwaslu sudah mengajukan anggaran 7,8 milyar untuk melangsungkan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Edi Santoso salah seorang anggota Panwaslu mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan dari Bawaslu, namun kalau memang aturan tersebut terlaksana, maka Panwaslu mungkin akan dibubarkan.

“ Kita masih menunggu keputusan Bawaslu. Kalaupun aturan itu terlaksana, otomatis Panwaslu akan dibubarkan,” jelas Edi.

Edi juga menambahkan apabila sampai aturan tersebut memang benar terlaksana, maka akan berdampak buruk terhadap demokrasi.“ Pemilihan melalui anggota dewan sangat berdampak buruk terhadap demokrasi. Selain hak pilih masyarakat akan terkikis, peluang transaksi uang pada kalangan dewan juga akan merajalela,” imbuh Edi.

Untuk diketahui, di Kabupaten Kediri jumlah anggota pangwaslu tingkat daerah sebanyak tiga orang, tingkat kecamatan sebanyak 78 orang, sedangkan tingkat desa rata-rata lebih dari 300 orang.(tya)

Keterangan Gambar : logo Panwaslu 

RedaksiPolitik
@dakitanews Kediri – Dengan disahkannya RUU Pilkada, berdampak besar bagi Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) seluruh Indonesia. Pasalnya dengan adanya RUU yang mengatur pemilihan kepala daerah melalui DPRD ini, kemungkinan Panwaslu akan terancam dibubarkan.Selain itu, peluang transaksi dalam pilkada akan merajalela. Sesuai tugasnya, Panwaslu hanya bersifat sementara dalam mengawasi jalannya pemilihan...