ADAKITANEWS, Tulungagung – Jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2569, tempat ibadah Tri Dharma Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung mulai bersolek atau dibersihkan.

“Yang dibersihkan itu meliputi altar utama, kimsin, lilin di altar diturunkan, kemudian meja altar dibersihkan,” kata Biokong (asisten umum-red) Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung, Budi Sutanto alias Tan Siek Siang, Senin (12/02).

Budi Sutanto menjelaskan, bersih-bersih ini dilakukan agar para jamaah klenteng saat beribadah Imlek nanti merasa nyaman dan khusyuk, sehingga segala doa yang dipanjatkan kepada Yang Maha Kuasa dapat terkabulkan.

Pihak klenteng membersihkan sarana beribadatan seperti ding atau tempat hio berkaki tiga yang berada di pintu masuk, pilar dengan replika naga, genta, hio luu atau tempat hio di atas meja, dan sejumlah altar tempat meletakkan persembahan.

Tidak hanya itu, menyambut datangnya perayaan Tahun Baru Imlek, yang jatuh pada tanggal 16 Februari mendatang, juga menambah sejumlah lilin besar dengan berat rata-rata 4 kuintal per batang. Lilin ini memiliki diameter sekitar 60 sentimeter, dan tinggi 3 meter

Lanjut Budi Sutanto, di Klenteng Tjoe Tik Kiong yang merupakan tempat bersemayam dewa Mak Co Thian Siang Seng Bo, tidak mempunyai tradisi khusus memandikan atau mensucikan para dewa saat menjelang imlek.

“Karena tenaga terbatas, setiap hari kita nyicil membersihkan hingga menjelang malam pergantian Tahun Baru Imlek,” ujarnya.

Semua kegiatan bersih-bersih yang dilakukan tidak hanya bertujuan membersihkan debu yang sudah mengendap selama satu tahun, tapi juga untuk menyambut kedatangan Dewa yang kembali dari langit usai Tahun Baru Imlek , yang tahun ini merupakan tahun Anjing Tanah, yang melambangkan kemakmuran.(bac)

Keterangan gambar : Pekerja sedang membersihkan Klenteng.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/02/120218-bac-tulungagung-imlek-1.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/02/120218-bac-tulungagung-imlek-1-150x150.jpgREDAKSISpiritualadakitanews,Berita,imlek,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2569, tempat ibadah Tri Dharma Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung mulai bersolek atau dibersihkan. “Yang dibersihkan itu meliputi altar utama, kimsin, lilin di altar diturunkan, kemudian meja altar dibersihkan,” kata Biokong (asisten umum-red) Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung, Budi Sutanto alias Tan...