ADAKITANEWS, Jombang – Jika pengibaran bendera merah putih biasanya terlihat di ruang-ruang publik dan pemerintahan, berbeda dengan yang dilakukan oleh beberapa elemen masyarakat yang tergabung dalam Santri Jogo Kali Jombang.

Santri Jogo Kali, salah satu dari Non Government Organization (NGO) di Kabupaten Jombang ini menggelar upacara pengibaran bendera merah putih berukuran besar di atas Sungai Gude Ploso di Desa Sambong Kecamatan/Kabupaten Jombang, Rabu (16/08).

Fatkhurrohman, Ketua Santri Jogo Kali menjelaskan bahwa pengibaran bendera yang dilakukan di sungai tersebut merupakan rangkaian acara untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. “Acara ini dalam rangka peringatan hari kemerdekaan RI ke-72,” tandasnya.

Sebelum menggelar upacara bendera, para relawan yang tergabung dalam Santri Jogo Kali ini bersama-sama membersihkan aliran sungai dari sampah. Menurut Fatkhurrohman, dari kurun waktu 1 jam para Santri Jogo Kali berhasil mengumpulkan sebanyak 1 ton lebih sampah yang berasal dari aliran Sungai Gude Ploso di Desa Sambung Kecamatan/Kabupaten Jombang.

“Sebelum upacara pengibaran bendera kami melakukan pembersihan sungai, dalam kurun waktu 1 jam kami berhasil mendapatkan lebih dari 1 ton sampah,” ungkap Ketua Santri Jogo Kali saat diwawancarai Tim Adakitanews.com.

Acara yang dilakukan oleh Santri Jogo Kali itu tidak hanya sekadar acara yang monumental melainkan memiliki pesan moral dalam pelaksanaannya. Seperti kata Fatkhurrohman, bahwa pesan moral yang disampaikan yakni usaha untuk mengembalikan sungai yang bersih dari limbah dan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Kemerdekaan tidak hanya bangsa dan negara tetapi sungai pun harus dimerdekakan dari limbah dan sampah,” lanjutnya.

Sementara itu perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang, Dwi Ariyani berharap kedepan masyarakat lebih menghargai dan menjaga sungai yang hari ini diawali oleh Santri Jogo Kali. “Kita sama-sama menjaga sungai untuk generasi bangsa di masa yang akan datang,” tegas Dwi Ariyani pada sambutannya mewakili Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang.(ar)

Keterangan gambar: Pengibaran bendera merah putih oleh Santri Jogo Kali di Sungai Gude Desa Sambong.(foto:adi rosul)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/08/160817-ar-jombang-santri-jogo-kali-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/08/160817-ar-jombang-santri-jogo-kali-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,jombang,pengibaran bendera,santri jogo kali
ADAKITANEWS, Jombang - Jika pengibaran bendera merah putih biasanya terlihat di ruang-ruang publik dan pemerintahan, berbeda dengan yang dilakukan oleh beberapa elemen masyarakat yang tergabung dalam Santri Jogo Kali Jombang. Santri Jogo Kali, salah satu dari Non Government Organization (NGO) di Kabupaten Jombang ini menggelar upacara pengibaran bendera merah putih...