Sapi Berbobot Satu Ton Lebih Jadi Juara Kontes

932

ADAKITANEWS, Tulungagung – Menjelang hari raya Idul Adha puluhan ekor sapi berbagai jenis berjajar memenuhi lapangan di Desa/Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung, Kamis (24/08) siang. Puluhan ekor sapi unggulan milik para peternak yang ada di 19 kecamatan di Tulungagung ini berkumpul untuk mengikuti kontes sapi yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan setempat.

Setidaknya terdapat 95 ekor sapi berbagai jenis diadu dalam kontes yang terbagi menjadi beberapa kategori ini. Diantaranya kategori calon induk, kategori sapi indukan, sapi bakalan, sapi kereman dan kategori sapi kelas ekstrem.

Sedangkan untuk penilaian, yakni berdasarkan kesesuaian berat badan atau bobot, bentuk kepala, performa, lingkar badan, dan urat tubuh sapi. “Diantara sapi-sapi yang diikutkan kontes ini memiliki kualitas yang merata pada semua kategori dengan kriteria penilaian,” kata Soni Sugiantoro, selaku ketua tim juri kontes.

Ajang kontes ini diketahui juga sebagai salah satu bentuk apresiasi bagi para peternak. Apalagi Tulungagung, menjadi salah satu daerah penyangga daging nasional dengan populasi sapi potong saat ini sebanyak 111.000 ekor.

Dengan adanya kontes sapi ini diharapkan sebagai motivasi, agar para peternak menerapkan pola yang benar dan berkualitas dalam memelihara sapi.

Hasil akhir kontes, keluar sebagai juara 1 untuk kategori sapi kelas ekstrem adalah sapi jenis simental milik Priyo Santosa, warga Campurdarat, dengan bobot 1,365 ton. Pemenang kontes tersebut akhirnya berhak atas trofi dan uang sebesar Rp 5 juta.

Prio Santoso mengatakan, penilaian kategori sapi kelas ekstrem dinilai berdasarkan bobot, karena sapi jenis ini lebih ke arah pedaging. Menurutnya, sapi jumbo jantan ini memang langganan meraih juara di kontes-kontes sapi lokal di Tulungagung dan Kediri.

“Untuk kontes lokal, sapi ini sudah sering menjadi juara. Bahkan ada yang menawar akan membeli sapi milik saya, namun sapi ini tidak akan saya jual,” ungkap Priyo Santoso, pemilik sapi juara.(ta1)

Keterangan gambar : Sapi juara saat menerima hadiah kontes.(ist)