ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebanyak 13 dari 353 calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Tulungagung langsung dinyatakan gugur. Ke 13 peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi ini karena tidak hadir dalam seleksi tulis yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan (STIKIP) PGRI Tulungagung, jalan Mayor Sujadi, Selasa (17/10).

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tulungagung, Endro Sunarko, mengatakan dari 380 jumlah yang mendaftar, setelah melalui proses seleksi administrasi, akhirnya sebanyak 353 yang dinyatakan berhak untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu tes tulis.

“Total yang mendaftar sebanyak 380, setelah kita teliti kelengkapan administrasinya, sebanyak 27 pendaftar tidak bisa memenuhi kelengkapan administrasinya sehingga gugur,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Tulungagung, Endro Sunarko.

Lanjut Endro, 353 yang lolos administrasi, disaring lagi melalui tes tulis yang dilakukan oleh Bawaslu Jatim. Bagi mereka yang memiliki skor enam besar tertinggi tes tertulis dari setiap kecamatan akan mengikuti tes wawancara atau uji kepatutan dan kelayakan untuk diambil tiga dimasing-masing kecamatan.

“Seluruh materi soal merupakan kewenangan dari Bawaslu Jatim. Bahkan kami komisionerpun tidak tahu berapa jenis dan jumlah soalnya, karena langsung dibawa dari Surabaya. Sedang untuk pengumuman hasil tes akan dilakukan maksimal dua hari setelah pelaksanaan tes tulis,” ujar Endro.

Endro memastikan personel yang akan menjadi Panwascam bebas dari intervensi sejumlah pihak yang berkepentingan salah satunya partai politik (parpol). Selain terus membuka ruang partisipasi masyarakat, untuk memberikan masukan dan tanggapan terhadap calon yang lolos tes tulis, termasuk apakan yang calon Panwascam tersebut berafiliasi dengan parpol.

“Jika kita temukan masukan dan tanggapan dari masyarakat mengenai rekam jejak para calon yang berafiliasi dengan parpol tertentu lengkap dengan barang buktinya. Jelas, kami tidak akan tolerir dan akan langsung dihentikan proses rekrutmen yang dijalaninya,” ujarnya. (ta1)

Keterangan gambar : Peserta sedang mengikuti tes tulis (Foto : Acta Cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/TES-PANWAS-4-1024x573.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/TES-PANWAS-4-150x150.jpgREDAKSIDaerahpanwascam,Ujian
ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebanyak 13 dari 353 calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Tulungagung langsung dinyatakan gugur. Ke 13 peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi ini karena tidak hadir dalam seleksi tulis yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan (STIKIP) PGRI Tulungagung, jalan Mayor Sujadi, Selasa...