Sebanyak 2.700 Warga Belum Mengambil Dana PSKS

549

images (5)~2@dakitanews Tulungagung – Sebanyak 2700 warga yang masuk dalam daftar Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) belum mengambil dana kompensasi kenaikan harga BBM tersebut. Kebanyakan warga yang belum mengambil merupakan merupakan warga yang masih mengurus kartu KPS, sebagai salah satu syarat pengambilan dana PSKS.

“Kartu KPS mereka hilang dan memerlukan waktu untuk mengurusnya,” ujar Manajer Marketing Kantor Pos Tulungagung, Agus Pamuji.

Hingga saat ini pihak kantor pos masih melakukan validasi data untuk warga yang belum mengambil dana PSKS. Validasi ini dilakukan untuk mencocokan data warga dengan data penerima dana PSKS. Jumlah warga yang belum mengambil dana tersebut mencapai 5 persen dari total warga penerima PSKS yang mencapi 57 ribu warga.

Pencairan dana PSKS di Tulungagung sendiri bukan tanpa masalah. Agus mengaku ada beberapa kendala yang dihadapi oleh petugas saat membagikan dana PSKS tersebut. Diantaranya adalah sulitnya signal di beberapa wilayah. Pembagian dana PSKS ini menggunakan sistem on line. Warga yang sudah mengambil akan kelihatan dengan menggunakan sistem tersebut. “Akhirnya di beberapa wilayah kami menggunakan sistem manual,” tuturnya.

Dengan menggunakan sistem manual ini, rawan terjadi kebocoran. Agus mengungkapkan pihaknya mengamankan satu orang warga yang mengambil dana PSKS lebih dari satu kali. Kejadian tersebut terjadi saat sistem online sedang eror karena signal jelak. Warga tersebut salah memahami adanya tiga nama yang berada di kartu KPS. Petugas kemudian mengamankan warga tersebut dan mengambil kembali uang PSKS yang sudah diambilnya dua kali. “Dikiranya semua nama yang ada dalam kartu KPS berhak menerima dana PSKS makanya dia mau mengambil 3 kali,” terangnya.

Untuk menghindari kejadian serupa terulang pihak kantor pos kemudian menahan kartu KPS warga sebagai jaminan. Agus berharap kejadian serupa tidak terjadi kembali saat pencairan dana PSKS. “Pengamanan saat proses pengambilan perlu diperhatikan lagi,” pungkasnya. (Bram).

Keterangan Gambar : Kartus KPS