ADAKITANEWS, Kediri – Program Nasional Agraria (Prona) yang digagas Presiden Joko Widodo hingga saat ini terus menjadi target di tiap daerah, tak terkecuali di Kabupaten Kediri.

Kepala Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Kediri, Lukman Hakim saat ditemui di kantornya menyatakan, untuk Prona di Kediri, target sertipikasi tanahnya yakni sekitar 19 ribu bidang. “Targetnya kurang lebih 19 ribu bidang. Yang tersebar di 11 Kecamatan, tepatnya 18 Desa,” ujarnya, Senin (18/09).

Ribuan sertipikat tersebut, kata Lukman, merupakan target pelaksanaan Prona pada tahun 2017 ini. “Itu dimulai sejak awal tahun sampai akhir tahun,” imbuhnya.

Saat ini untuk mencapai target tersebut, BPN mengaku telah menerjunkan sekitar 5 tim. Dan kelimanya, kini masih terus bekerja agar seluruh target terpenuhi.

Sementara terkait data lebih lanjut soal perolehan target sementara, Ketua BPN yang mengaku baru menjabat selama dua bulan ini masih belum bisa menyebutkan. Ia beralasan, data tersebut masih berada di tangan tim dan belum dilaporkan. “Kalau untuk data-datanya, masih di tim semuanya. Masih belum masuk ke sini,” jelasnya.

Ditanya soal kendala yang dihadapi selama pelaksanaan realisasi Prona tersebut, Lukman Hakim menyatakan bahwa hal itu lantaran masih kurangnya kelengkapan data yang diberikan oleh masyarakat. ”Kendalanya yang dihadapi, yaitu tentang kelengkapan data,” pungkasnya.

Diketahui, Program Nasional Agraria (Prona) sebenarnya telah dimulai sejak tahun 1981 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 189 Tahun 1981 tentang Proyek Operasi Nasional Agraria. Berdasarkan keputusan tersebut, penyelenggara Prona bertugas memproses pensertipikatan tanah secara massal, sebagai perwujudan dari program Catur Tertib di Bidang Pertanahan.

Presiden Jokowi sendiri menargetkan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dapat menyelesaikan sekitar 60 juta sertifikat hingga tahun 2025 mendatang.(kdr1)

Keterangan gambar: Kantor ATR/BPN Kabupaten Kediri di Jalan Veteran Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.(foto: muchlis ubaidhillah)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/09/180917-kdr1-kediri-prona-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/09/180917-kdr1-kediri-prona-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,kediri,prona
ADAKITANEWS, Kediri – Program Nasional Agraria (Prona) yang digagas Presiden Joko Widodo hingga saat ini terus menjadi target di tiap daerah, tak terkecuali di Kabupaten Kediri. Kepala Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Kediri, Lukman Hakim saat ditemui di kantornya menyatakan, untuk Prona di Kediri, target...