Selama Coklit, KPU Blitar Temukan 49.502 Pemilih Baru

482

ADAKITANEWS, Blitar – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Kabupaten Blitar telah menyelesaikan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 pada 12 Februari 2018 lalu.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar, Divisi Perencanaan Program dan Data, Masrukin mengatakan, selama pencocokan dan penelitian data pemilih Pilgub 2018, pihaknya telah menemukan 49.502 pemilih baru. Artinya, semua pemilih baru yang ditemukan ini tidak termasuk daftar pemilih yang harus dicoklit, namun telah memenuhi syarat menjadi pemilih.

“Pada coklit yang kita lakukan bulan lalu, ternyata kita menemukan lebih dari 49 ribu pemilih baru yang tak masuk data untuk dicoklit. Namun mereka memenuhi syarat untuk menjadi pemilih,” jelas Masrukin, Sabtu (03/03).

Masrukin menuturkan, untuk pemilih baru yang ditemukan PPDP tersebut merupakan pemilih pemula dan pemilih yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih. Menurutnya, pemilih baru ini menyebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar.

“Jadi dengan tambahan ini, maka ada 1.047.230 data pemilih Pilgub 2018 yang telah diakukan coklit. Dimana sebelumnya hanya 997.728 data pemilih,” pungkasnya.

Masrukin menambahkan, saat ini pihaknya dalam tahapan penyusunan rekap hasil pemutakhiran daftar pemilih untuk selanjutnya ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara. “Sesuai tahapan, kita saat ini sedang merekap untuk dijadikan daftar pemilih sementara (DPS),” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Masrukin, Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Perencanaan Program dan Data.(foto : fathan)