Setahun Dibiarkan Kosong, Pengisian Jabatan Kepala OPD Pemkab Sidoarjo Jadi Sorotan

519

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Mantan Sekretaris DPRD Sidoarjo, Ir Endang Soesijanti yang kini dimutasi sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, rupanya mendapat pertanyaan dari berbagai kalangan.

Salah satunya dari LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Sidoarjo. “Kenapa Bu Endang dimutasi. Sedangkan lainnya dibiarkan tetap menjadi Plt. Apalagi Sekwan dibiarkan kosong,” jelas Bupati LIRA Sidoarjo, M Nizar, Selasa (31/10).

Ia juga mempertanyakan kenapa Plt di masing-masing OPD bisa kosong hingga satu tahun lebih. “Pemerintahan model apa ini,” imbuhnya.

Nizar mengatakan hal tersebut jelas tidak sesuai dengan penghargaan Samya Karya Purna Nugraha yang diperoleh Sidoarjo. “Bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan daya saing kalau jabatan-jabatan di masing-masing OPD tersebut dibiarkan kosong. Penilaian penghargaan itu kriterianya apa?,” katanya.

Nizar berharap agar Bupati Sidoarjo mengkaji ulang para pejabat-pejabat yang lama. “Ini agar pemerintahan bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun Tim Adakitanews.com, kekosongan pejabat eselon II tersebut ada pada Sekwan, Asisten I Setda, Kepala Dinas Ketenteraman dan Ketertiban (Satpol PP), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKAD). Selain itu Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro.

Terpisah Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sidoarjo, Sri Witarsih, membenarkan masih ada kekosongan pejabat eselon II di tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sidoarjo. Menurutnya kekosongan tersebut hanya dapat diisi melalui seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) eselon II.

“Saya berharap tidak terlalu lama ini akan ada seleksi terbuka bagi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) eselon II tersebut,” jelasnya.(pur)

Keterangan gambar : Bupati LIRA Sidoarjo, M Nizar.(foto: mus purmadani)