daging-kurban-_130919154135-809@dakitanews Kediri – Lakukan sidak saat proses penyembelihan, Dinas Peternakan Kota Kediri temukan cacing hati pada daging hewan kurban. Mengetahui temuannya itu, petugas langsung meminta panitia untuk tidak membagikan kepada warga karena berbahaya jika dikonsumsi. Selain itu, petugas juga menyayangkan tempat penanganan daging kurban yang kurang layak, sehingga membuat sebagian daging kurban terkena tanah.

Dalam sidak di salah satu tempat penyembelihan hewan kurban, petugas Dinas Peternakan Kota Kediri melakukan pemeriksaan. Hasilnya, petugas menemukan beberapa cacing pada hati sapi. Dari seluruh pemeriksaan, 80 persen hati sapi tidak dapat dikonsumsi, sehingga petugas melarang panitia untuk membagikan hati tersebut maupun dapat memberikannya pada hewan.

Selain menemukan cacing pada hati sapi, petugas juga menyayangkan kurang bersihnya tempat penanganan daging kurban.Seperti halnya saat proses pengulitan hewan kurban. Panitia tidak menyediakan alas, sehingga sebagian daging kurban terkena tanah.

Pujiono Dokter Hewan Dinas Peternakan Kota Kediri mengatakan diduga hewan yang terinfeksi cacing sebelum disembelih dalam keadaan sakit. Meskipun demikian daging masih bisa dikonsumsi.

“ Hewan yang terinfeksi cacing hati itu, mungkin sebelumnya sudah sakit. Namun dagingnya masih bisa dikonsumsi. Cuma hatinya saja yang dibuang. Karena kalau dikonsumsi nanti berbahaya,” jelas Pujiono.

Pujiono menambahkan pihaknya sangat menyayangkan panitia tidak memberikan tempat yang layak untuk penyembelihan hewan kurban sehingga mengakibatkan sebagian daging terkena pasir.“ Penanganan daging kurbannya, kurang bersih. Banyak daging yang terkena tanah,”imbuh Pujiono.(tya)

Keterangan Gambar : Ilustrasi daging kurban

RedaksiDaerahcacing hati; idul adha di Kediri
@dakitanews Kediri – Lakukan sidak saat proses penyembelihan, Dinas Peternakan Kota Kediri temukan cacing hati pada daging hewan kurban. Mengetahui temuannya itu, petugas langsung meminta panitia untuk tidak membagikan kepada warga karena berbahaya jika dikonsumsi. Selain itu, petugas juga menyayangkan tempat penanganan daging kurban yang kurang layak, sehingga membuat...