Simpang Tiga Mengkreng Macet Hingga 10 Kilometer

1235

ADAKITANEWS, Jombang – Libur panjang selama empat hari berturut-turut kali ini membuat sejumlah titik di jalur nasional maupun jalur provinsi di Jombang macet. Untuk mengurai kemacetan, pihak kepolisian terpaksa mengalihkan arus kendaraan ke sejumlah jalur alternatif yang sudah disiapkan.

Salah satu titik kemacetan terparah terjadi di Simpang Tiga Mengkreng, perbatasan antara Jombang-Kediri-Nganjuk. Antrean panjang kendaraan roda empat maupun roda dua diperkirakan mencapai 10 kilometer lebih. Baik dari arah Surabaya menuju Jawa Tengah maupun dari arah Kediri menuju Surabaya dan Jawa Tengah.

Perwira pengendali lalu lintas, Santoso mengatakan volume kendaraan mulai bertambah dua kali lipat sejak Kamis (05/05) dini hari. Walaupun padat, arus kendaraan masih bisa bergerak meski harus merayap.

“Macet terjadi mulai tadi malam pukul 03.00 WIB. Untuk mengurai kemacetan, tadi pagi dari arah kota sebagian dialihkan ke arah Bojonegoro. Dan ke arah utara Kecamatan Plandaan bagi yang menuju Nganjuk dari arah Bojonegoro dan sebaliknya. Sedangkan yang dari wilayah jalur Jatipelem diarahkan ke wilayah Kediri untuk mengatasi kepadatan di wilayah Mengkreng atau Braan,” kata Santoso.

Selain di simpang tiga Mengkreng, Kemacetan cukup parah juga terjadi di Jembatan Ploso Jombang. Arus kendaraan yang cukup padat dari arah Kabupaten Lamongan menuju Jombang maupun sebaliknya juga mewarnai musim libur kali ini. Sejumlah petugas kepolisian tampak disebar ke titik-titik rawan kemacetan itu untuk mengurai kemacetan.

Diperkirakan, kepadatan arus akan terus terjadi hingga akhir masa libur, hari Minggu mendatang.(Tari/Jati)

Keterangan gambar: Padat Merayap – Arus kendaraan di jalur nasional Jombang–Madiun, di simpang tiga Mengkreng Jombang-Kediri–Nganjuk.