bunga mawar 5bunga mawar 6bunga mawar 1ADAKITANEWS, Nganjuk – Bunga mawar memang sangat cocok untuk menghiasi taman atau halaman rumah. Namun, bagi warga lereng gunung Wilis Desa Ngliman Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk bunga mawar ini bisa menjadi sirup atau minuman segar lainnya.

Ide membuat minuman dengan sari bunga mawar ini berawal dari pelatihan yang pernah mereka ikuti dari dinas ketahanan pangan di Malang. Sepulang dari pelatihan warga kemudian berinisiatif mengolah bunga mawar menjadi minuman segar dan sirup.

“Semua berawal dari pelatihan yang kita ikuti dik Malang beberapa saat yang lalu, terus kita melihat banyak bunga mawar akhirnya kita ada ide untuk membuat minuman tersebut” Jelas Wahyuni petani Bunga Mawar

Cara membuat minuman segar dari bunga mawar ini ternyata juga sangat mudah. Pertama ambil bagian kelopak bunga dan pisahkan dari tangkainya. Setelah dicuci bersih, rebus bunga mawar tersebut selama 30 menit atau hingga warnanya yang merah berubah menjadi putih. Setelah ditiriskan, ambil bagian airnya yang sudah berwarna merah dan rebus ulang selama 30 menit.

Jika sudah mendidih, masukkan gula secukupnya. Dalam kondisi panas langsung kemas sari bunga mawar tersebut agar tidak tercampur bakteri. Atau jika ingin langsung diminum, minuman segar dari bunga mawar ini juga bisa disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Sedangkan jika ingin membuat sirup, kita hanya tinggal menambahkan kelopak bunganya saja agar lebih kental. Sama dengan bunga rosela atau bunga bahan sirup lainnya rasa minuman dari bunga mawar ini sangat nikmat dan menyegarkan.

Karena kekurangan modal, maka mereka hanya memasarkan hasil karyanya itu di Kecamatan Sawahan saja. Atau hanya untuk oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke air terjun Sedudo.

“Bisanya cuma di kecamatan ini saja mas, bagaimana lagi kita kekurangan modal kok” Tutur Wahyuni.

Meski demikian warga mengaku cukup puas karena dengan mengolah menjadi minuman segar atau sirup keuntungan mereka berlimpah meski harga bunga mawar sedang anjlok. (jati).

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/03/bunga-mawar-5.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/03/bunga-mawar-5-150x150.jpgREDAKSIKulinerbunga,mawar,nganjuk,sirup
ADAKITANEWS, Nganjuk - Bunga mawar memang sangat cocok untuk menghiasi taman atau halaman rumah. Namun, bagi warga lereng gunung Wilis Desa Ngliman Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk bunga mawar ini bisa menjadi sirup atau minuman segar lainnya. Ide membuat minuman dengan sari bunga mawar ini berawal dari pelatihan yang pernah mereka...