ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebanyak 5 siswa Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMA LB) B Tulungagung sampai dengan hari terakhir pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA sederajat masih nampak semangat dan antusias. Meski demikian, mereka harus ekstra keras mengerjakan soal tersebut.

Menurut Kepala SMA LB Tulungagung, Sudarminto, karena keterbatasan sarana dan prasarana serta tingkat kemampuan siswa, ujian nasional di SMA LB ini masih menggunakan ujian nasional kertas dan pensil (UNKP).

“Untuk ujian di SMA LB ini belum menggunakan menggunakan komputer, masih menggunakan kertas dan pensil,” kata Kepala SMA LB Tulungagung, Sudarminto, Rabu (11/04).

Sedangkan mata ujian nasional yang diujikan hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua Matematikan dan hari ketiga Bahasa Inggris.

Dari hasil pengamatan Sudarminto, di hari pertama atau saat mengerjakan soal Bahasa Indonesia, siswa mengaku kesulitan. Dalam soal yang berjumlah 50 soal tersebut rata-rata terdapat bacaan yang memerlukan waktu lama dan teliti. Kecuali itu banyak juga soal yang memerlukan jawaban penelaah dari peserta ujian, sehingga membuat para peserta usia ujian merasa pusing.

“Seharusnya dalam pemberian materi soal ujian terutama yang terdapat soal bacaan tidak terlalu panjang maksimal tiga baris saja, mengingat anak-anak tidak seperti pada siswa pada umumnya. Selain itu jawaban bukanlah jawaban telaah, lebih tepat menggunakan pilihan ganda,” ujar Sudarminto.

Sudarminto menyatakan, temuan ini sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk pelaksanaan ujian-ujian diwaktu yang akan datang.(bac)

Keterangan gambar : Peserta ujian nsional di SMA Luar Biasa B Tulungagung saat mengerjakan soal.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/0110418-bac-tulungagung-slb.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/0110418-bac-tulungagung-slb-150x150.jpgREDAKSIPendidikanadakitanews,Berita,SLB,Tulungagung,ujian nasional
ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebanyak 5 siswa Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMA LB) B Tulungagung sampai dengan hari terakhir pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA sederajat masih nampak semangat dan antusias. Meski demikian, mereka harus ekstra keras mengerjakan soal tersebut. Menurut Kepala SMA LB Tulungagung, Sudarminto, karena keterbatasan sarana dan prasarana...