sawah@dakitanews Nganjuk – Karena sopir tangki truk air bersih sakit dan kendaraan truck milik BPBD rusak,  sekitar 15 KK atau 50 orang warga Dusun Ngreco Desa/Kecamatan  Ngluyu Kabupaten Nganjuk terpaksa mengambil air sawah guna mencukupi kebutuhan hidupnya untuk minum, masak dan mandi.

Dengan berjalan kaki sejauh 200 meter ke areal persawahan, warga memikul wadah air dengan menggunakan jerigen maupun Jun (wadah air tempo dulu yang terbuat dari tanah). Warga terpaksa melakukan ini karena tidak mendapat suplai air bersih selama 6 hari dari BPBD. Mereka berharap Pemkab Nganjuk segera melakukan langkah aktif untuk kebutuhan air bersih di desanya.

Seperti diungkapkan oleh Pariono, Perangkat Desa setempat. Pihaknya merasa trenyuh dengan kondisi warganya karena warganya harus mengkonsumsi air dari persawahan. “Kami  tidak bisa berbuat banyak karena memang kebutuhan air bersih selama musim kekeringan ini di suplai dari BPBD,” terang Pariono.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Nganjuk, Ir Soekonjono MT saat dihubungi via ponselnya menjelaskan, memang suplai air bersih di Dusun Ngreco Desa Ngluyu terhenti,” sopirnya sakit sedangkan armadanya rusak,” terang Soekonjono.

Ditempat terpisah, di Dusun Semanding Desa Tempuran Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk, beberapa warga setempat sudah antri menunggu truck tangki berisi  jatah air bersih yang yang dibawa Petugas TRC (team reaksi cepat) dari BPBD. Truck berisi air tersebut kemudian di distribusikan ke tandon air yang telah disediakan, untuk selanjutnya diambil oleh warga menggunakan wadah jurigen.

Dari pemantauan @dakitanews.com. tampak kerumunan warga, termasuk Mbah Darikem,80, dan wiwit ,33, keduanya warga Dusun Semanding RT 07 RW 02 Desa Tempuran Kecamatan Ngluyu antri bersama warga lainnya untuk mendapatkan jatah air dari tandon yang sudah tersedia sebelumnya. Air di Tandon itu disuplai oleh truck tangki milik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Nganjuk, Selasa (21/10) siangpukul 09.30 Wib.

Menurut Petugas TRC, dalam sehari pihaknya menyuplai sebanyak 5 tandon air yang masing-masing tandon berisi air bersih sebanyak 2000 liter atau sekitar 6 truck tangki. Air bersih tersebut khusus diperuntukkan buat air minum dan masak warga setempat. (Kmto/jati)

Keterangan Gambar : Warga mengambil air dari tandon air yang disediakan oleh BPBD Kabupaten Nganjuk

RedaksiDaerahkekeringan di Nganjuk,minum air sawah
@dakitanews Nganjuk - Karena sopir tangki truk air bersih sakit dan kendaraan truck milik BPBD rusak,  sekitar 15 KK atau 50 orang warga Dusun Ngreco Desa/Kecamatan  Ngluyu Kabupaten Nganjuk terpaksa mengambil air sawah guna mencukupi kebutuhan hidupnya untuk minum, masak dan mandi. Dengan berjalan kaki sejauh 200 meter ke areal...