ADAKITANEWS, Kota Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menggelar sosialisasi tahapan Pemilihan Walikota dan Walikota Kediri, di Hotel Grand Surya, Selasa (27/02) malam. Selain mengundang unsur Forkopimda, KPU juga menghadirkan berbagai elemen masyarakat diantaranya mahasiswa, LSM, organisasi kemasyarakatan, awak media, serta tak ketinggalan para perwakilan disabilitas.

Dalam sosialisasi tersebut, KPU banyak mendapatkan berbagai saran serta masukan. Salah satunya dari Gerkatin, yang mewakili para pemilih disabilitas diantaranya tuna rungu dan tuna netra.

Ketua DPP Gerkatin Jawa Timur, Maskurun Yuyun mengatakan, dalam rangka sosialisasi tahapan Pilwali 2018, Yuyun berharap KPU memberikan perhatian lebih terhadap para penyandang disabilitas, terutama tuna rungu, agar dapat mengetahui informasi terkait jalanya Pilwali, sekaligus sosok-sosok calon Walikota atau Wakil Walikota.

“Saya berharap nanti saat debat publik atau sosialisasi lainnya, mohon KPU juga menyediakan penerjemah agar bisa dipahami oleh para penyandang tuna rungu. Agar kami, juga memahami visi misi dari setiap calon,” kata Yuyun.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq menyampaikan bahwa usulan tersebut sudah dibahas oleh pihaknya dan akan menyediakan penerjemah atau perantara bagi para penyandang tuna rungu. “Usulan-usulan yang tadi disampaikan sebenarnya sudah kami rencanakan. Dan nantinya tinggal menindaklanjuti,” katanya.

Tak hanya soal penyandang tuna rungu, KPU Kota Kediri juga mendapat pertanyaan tentang tata cara pemilihan bagi penyandang tuna netra. Pasalnya pada pemilihan sebelumnya, ada keluhan dari penyandang tuna netra yang tidak diizinkan meminta bantuan pihak keluarga untuk melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Sebenarnya sudah sejak dahulu, aturannya para penyandang tuna netra boleh mengajak keluarganya untuk membantu saat pencoblosan. Semoga pada pemilihan tahun ini tidak terjadi lagi miskomunikasi semacam itu,” tambahnya.

Untuk diketahui, sosialisasi yang digelar KPU Kota Kediri malam itu adalah rangkaian dari sosialisasi-sosialisasi sebelumnya yang diperuntukkan bagi partai politik, tim kampanye, bahkan pasangan calon.(adv/kpu.kotakediri/kur)

Keterangan gambar: Sosialisasi tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri.(foto: kurniawan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/02/280218-kur-kediri-sosialisasi-kampanye-2-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/02/280218-kur-kediri-sosialisasi-kampanye-2-150x150.jpgREDAKSIAdvertorialadakitanews,Berita,kediri,kpu kota kediri,pilwali,sosialisasi kampanye
ADAKITANEWS, Kota Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menggelar sosialisasi tahapan Pemilihan Walikota dan Walikota Kediri, di Hotel Grand Surya, Selasa (27/02) malam. Selain mengundang unsur Forkopimda, KPU juga menghadirkan berbagai elemen masyarakat diantaranya mahasiswa, LSM, organisasi kemasyarakatan, awak media, serta tak ketinggalan para perwakilan disabilitas. Dalam sosialisasi...