ADAKITANEWS, Tulungagung – Seorang pria lajang diamankan Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Tulungagung usai melihat pertunjukan jaranan, Selasa (05/12). Pria itu ditangkap lantaran terbukti mencuri puluhan bungkus rokok di warung kopi Pak Win, Desa Tugu Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung.

Pelaku diketahui bernama Agus Purwanto, 30, warga Desa Nyawangan Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Ia mengaku, hasil penjualan rokok curian tersebut digunakannya untuk berfoya-foya.

Dari hasil pemeriksaan pihak kepolisian, aksi pencurian itu terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dini hari, setelah warkop tutup dan ditinggal pemiliknya. “Pelaku menjalankan aksinya setelah warung tutup dan ditinggal pemilik atau penjaganya. Karena kondisi sepi, maka pelaku dengan leluasa melancarkan aksinya,” kata Kasat Reskrim Polres Tulungagung, AKP Mustijat Priyambodo.

Lanjut AKP Mustijat, pelaku datang seorang diri dengan mengendarai sepeda motor Suzuki Thunder AG 6961 RAU. Sampai di depan warkop yang menjadi sasaran, pelaku mencongkel pintu warkop dengan alat yang telah dipersiapkan sebelumnya.

“Dari pengembangan hasil pemeriksaan ternyata pelaku tidak hanya sekali saja. Namun telah melakukannya di beberapa warkop yang semuanya berlokasi di Kecamatan Sendang,” tambahnya.

Sementara itu pelaku, Agus Purwanto, mengaku menyesal melakukan pencurian itu. Menurut penuturannya, sebelum menjalankan aksi pencurian dia selalu membaca situasi sasaran, dengan cara ngopi terlebih dahulu, dan baru di lain hari dieksekusi.

“Rokok hasil mencuri saya jual sendiri kepada teman-teman, harganya rata-rata Rp 10 ribu per bungkus. Hasil penjualannya saya gunakan untuk membeli celana dan sisanya untuk senang-senang,” tutur Agus Purwanto.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa puluhan bungkus rokok dari berbagai merek, besi untuk mencongkel, udeng (ikat kepala) serta sejumlah uang. Tersangka terancam pasal 363 ayat (1) KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.(ta1)

Keterangan gambar : Pelaku bersama barang bukti saat diamankan di Mapolres Tulungagung.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/051217-ta1-tulungagung-rokok-2-1024x573.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/051217-ta1-tulungagung-rokok-2-150x150.jpgREDAKSIHukum Kriminaladakitanews,Berita,pencurian,rokok,Tulungagung,warkop
ADAKITANEWS, Tulungagung – Seorang pria lajang diamankan Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Tulungagung usai melihat pertunjukan jaranan, Selasa (05/12). Pria itu ditangkap lantaran terbukti mencuri puluhan bungkus rokok di warung kopi Pak Win, Desa Tugu Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Pelaku diketahui bernama Agus Purwanto, 30, warga Desa Nyawangan Kecamatan...