ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pedagang Pasar Templek Kota Blitar menjadi sasaran kunjungan berikutnya bagi calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (31/03) pagi.

Saat wawancara bersama awak media, Khofifah mengakui harga bahan kebutuhan pangan untuk komoditas cabai cenderung fluktuatif dan tidak bisa dihindari. Ia pun menyebut, peran ibu rumah tangga dengan menanam cabe di rumah juga sangat penting, meski terlihat sepele.

“Biasanya memang jika barang langka, praktis harga akan merangkak naik. Oleh karena itu saya minta para ibu-ibu untuk rajin menanam cabai di rumah. Itu menyenangkan dan bisa jadi solusi juga kalau misalnya harganya mulai mahal,” ujarnya.

Lebih lanjut Khofifah menuturkan, bahwa menanam cabai tidak memerlukan lahan yang cukup luas. Menurutnya, jika hanya memiliki pekarangan yang sempit, maka menanam cabai dapat menggunakan pot.

Selain itu, ia juga menyatakan bahwa menanam cabai ataupun komoditas lain di rumah dapat menimbulkan multi effect. Salah satunya dapat memenuhi kebutuhan konsumsi bagi anggota keluarga masing-masing.

“Tentu dengan begitu, otomatis stabilitas harga cabai akan terus terkontrol oleh ibu-ibu rumah tangga yang bisa menanam cabaai di rumah. Saya sudah lama praktik begitu,” papar mantan Menteri Sosial ini.

Khofifah menambahkan, dampak yang akan terjadi bila harga cabai mulai naik, para pedagang kecil tidak mampu berbuat banyak. Menaikkan harga jual, justru hanya akan membuat para pedagang kecil semakin ditinggal pelanggan.

“Makanya agar roda perekonomian terutama usaha mikro ini bisa terlindungi, masing-masing rumah sangat bagus untuk menanam cabe. Sederhana sekali,” imbuhnya.

Untuk diketahui, setelah ke Pasar Templek Kota Blitar, Khofifah melanjutkan kunjungannya di Kecamatan Srengat untuk menghadiri undangan harlah NU, serta mengunjungi beberapa lokasi lain di Blitar.(fat/wir)

Keterangan gambar: Khofifah Indar Parawansa, saat berdialog dengan pedagang Pasar Templek Kota Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews-8-1024x574.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews-8-150x150.jpgREDAKSIEkbisadakitanews,Berita,blitar,cabai,khofifah,pasar templek
ADAKITANEWS, Kota Blitar - Pedagang Pasar Templek Kota Blitar menjadi sasaran kunjungan berikutnya bagi calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (31/03) pagi. Saat wawancara bersama awak media, Khofifah mengakui harga bahan kebutuhan pangan untuk komoditas cabai cenderung fluktuatif dan tidak bisa dihindari. Ia pun menyebut,...