ADAKITANEWS, Blitar – Pemerintah melakukan berbagai upaya strategis untuk percepatan peningkatan populasi sapi, seperti melakukan program penanggulangan gangguan reproduksi hewan. Langkah ini dilakukan agar populasi ternak hewan bisa meningkat. Namun saat ini masih sering dijumpai adanya kasus gangguan reproduksi dan berbagai macam kasus penyakit ternak, yang ditandai dengan rendahnya fertilitas dan produktivitas induk. Akibatnya berupa penurunan angka kebuntingan sehingga mempengaruhi pertumbuhan populasi sapi.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Yudha Satya Wardana mengatakan, tahun 2018 ini pihaknya mendapat target 3 ribu ekor sapi ternak yang mengalami gangguan reproduksi atau tidak dapat dikawinkan, agar dapat diobati atau ditangani pemerintah secara gratis. Menurutnya, jumlah ini berkurang dari tahun sebelumnya, dimana targetnya mencapai 3 ribu 888 ekor sasaran.

“Target jumlah ini berkurang karena memang tahun lalu kita merasa cukup kesulitan merealisasikan penanganan seluruhnya. Sehingga dengan jumlah yang ada tahun ini, kita optimis bisa mencapai semua ternak yang menjadi target penanggulangan penyembuhan gangguan reproduksi,” kata Yudha, Rabu (21/03).

Lebih lanjut Yudha menjelaskan, dari 3 ribu sasaran ini terletak di 15 desa. Sehingga akan lebih mudah dalam melakukan penanganan, karena jangkauannya tidak terlalu luas. Untuk saat ini pihaknya masih dalam koordinasi dengan masing-masing pihak di lapangan untuk pemetaan penanganan gangguan reproduksi pada hewan ternak yang tidak dapat dikawinkan.

“Kita kini sedang berkoordinasi dengan tim yang ada di lapangan. Setelah semuanya siap, baru kita akan melakukan program ini. Kita berharap tidak ada kendala sehingga berjalan dengan lancar,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Yudha Satya Wardana, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews20180321_193527-1024x766.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews20180321_193527-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,blitar,ternak
ADAKITANEWS, Blitar - Pemerintah melakukan berbagai upaya strategis untuk percepatan peningkatan populasi sapi, seperti melakukan program penanggulangan gangguan reproduksi hewan. Langkah ini dilakukan agar populasi ternak hewan bisa meningkat. Namun saat ini masih sering dijumpai adanya kasus gangguan reproduksi dan berbagai macam kasus penyakit ternak, yang ditandai dengan rendahnya...