barong@dakitanews Kediri – Tari kolosal Seribu Barong menjadi puncak acara Pekan Budaya dan Pariwisata, Sabtu (16/8) sekitar pukul 13.30 WIB di area Kawasan Simpang Lima Gumul (SLG). Dalam acara tersebut, tampak ribuan penonton memadati kawasan SLG untuk melihat tarian Seribu Barong yang menjadi ikon seni tari Kab Kediri. Tak hanya itu saja, tamu undangan dari dari luar daerah juga ikut menyasikan acara tersebut.

Sebelum Tari kolosal Seribu Barong itudi mulai, para penonton disajikan dengan tarian yakni, Tari Kawedar, Tari Putra Putri, Tari Jingkrak. Usai pertunjukan seni tari itu, Bupati Kediri Hj. Harianti Sutrisno, menyerahkan cemeti kepada Bopo (Pawang kuda lumping – red) sebagai tanda untuk dimulai pertunjukan tari kolosal Seribu Barong.

Tarian Seribu Barong itu, di ikuti irama gending jawa dan para anak wayang laki-laki, perempuan bahkan anak kecil yang berumur 6 tahun. Para penari Barong itu membuat penonton terpikat dan memberikan apreasi dengan tepuk tangan yang meriah.

Kabag Humas Pemkab Kediri M Haris Setiawan mengatakan, seni tari yang di kelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisita dan mempunyai Paguyaban Seni Jaranan (Pasjar) Kabupaten Kediri ini sangat bagus dan mendapat apreasi dari seluruh kalangan. “Ini merupakan bagian dari kesenian jaranan khas Kediri. Ada sekitar 400 group jaranan yang ikut dalam acara ini.Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan kebudayaan daerah. Sudah kali keduanya tarian ini ditampilkan dalam acara Pekan Budaya Kabupaten Kediri, “ ungkapnya

Ketua Pasjar Kab Kediri Hari Prantondo, menuturkan filosofi Barong yang menggabarkan tokoh yang sakti namun mempunyai karakter jahat. “Barong itu seperti wujud buto menggambarkan nafsu duniawi. Namun jika dikendalikan dengan benar akan menjadi baik, “ tuturnya.

Sementara itu, Diawati, 22, warga Desa Bulupasar Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, yang putranya ikut pentas seribu barong mengatakan dia sangat mendukung penuh putranya itu ikut tampil menari disaksikan ribuan penonton. “ Anak saya Zidan, 6, itu sejak usia satu tahun sudah belajar menari dan melihat bapaknya pentas jaranan, “ terangnya.(gar)

Keterangan Gambar :

RedaksiAdvertorial
@dakitanews Kediri - Tari kolosal Seribu Barong menjadi puncak acara Pekan Budaya dan Pariwisata, Sabtu (16/8) sekitar pukul 13.30 WIB di area Kawasan Simpang Lima Gumul (SLG). Dalam acara tersebut, tampak ribuan penonton memadati kawasan SLG untuk melihat tarian Seribu Barong yang menjadi ikon seni tari Kab Kediri. Tak...